Angkasa Pura 2

Bus DAMRI Layani Trayek Perintis di Jawa Barat Lintasi Pantai, Hutan & Pegunungan

KoridorJumat, 12 Januari 2018
2018-01-12 19.02.15

BANDUNG (BeritaTrans.com) – Sebagai BUMN dengan bisnis jasa transportasi berbasis jalan raya, Perum DAMRI juga menyediakan layanan angkutan perintis.

Ternyata tidak hanya di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua, layanan bus perintis juga terdapat di Pulau Jawa, salah satunya di Jawa Barat.

Untuk di Jawa Barat, bus perintis dilayani Perum DAMRI Cabang Bandung. General Manager Perum DAMRI Cabang Bandung, Indra Darmawan, mengutarakan pihaknya melayani lima trayek perintis.

“Trayek ini sebagian di antaranya melintasi pinggir pantai, hutan, sungai dan pegunungan. Jalur yang dilalui memang memompa adrenalin, terutama saat melintasi pegunungan dan hutan,” ungkapnya kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id, Jumat (12/1/2018).

Sepanjang puluhan kilometer dapat berupa hutan tanpa penduduk. Bila malam maka begitu gelap pekat. Selain itu, tak jarang menjumpai binatang hutan seperti celeng (babi hutan) atau ular.

IMG-20180112-WA0093

Operasional bus di lintas perintis tersebut, Indra Darmawan mengutarakan disubsidi oleh Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. Dengan subsidi itu maka tarifnya tergolong murah.

Untuk trayek Surade – Sagaranteun, Sukabumi, hanya Rp30.000, Pangandaran-Sindang Barang, Cianjur bertarif Rp60.000, Sindang Barang, Cianjur – Teugal Buleud, Sukabumi bertarif Rp30.000, Teugal Beuleud – Sagaranteun bertarifRp25.000, Sagaranteun, Sukabumi – Kiara 2 Jampang, Sukabumi bertarif Rp20.000.

Sejauh ini, dia mengungkapkan penumpang bus perintis tergolong bagus. “Karenanya, kami tidak merugi mengoperasikan bus perintis,” ujarnya. (awe).