Angkasa Pura 2

DAMRI Bandung Sediakan Pelayanan Bus Gratis untuk Penyandang Disabilitas di 4 Kota & Khusus Buruh di 1 Kota

KoridorJumat, 12 Januari 2018
2018-01-12 19.40.19

IMG-20180112-WA0086

BANDUNG (BeritaTrans.com) – Aksi korporasi Perum DAMRI di Bandung, Jawa Barat, juga menyasar kepada pelayanan kalangan disabilitas dan buruh.

“Di samping aspek bisnis, penyediaan bus untuk disabilitas juga berdimensi sosial. Strategi bisnis bermuatan sosial ini ditegaskan direksi dan dewan pengawas DAMRI kepada kami,” ungkap General Manager Perum DAMRI Cabang Bandung, Indra Darmawan.

Kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id, Jumat (12/1/2018), dia menuturkan sebanyak delapan bus disabilitas dioperasikan di empat kota sejak Oktober 2017. Bus itu didesain khusus, termasuk tangga, untuk disabilitas.

IMG-20180112-WA0091

Sebanyak tiga bus dioperasikan di Bandung, dua bus di Cirebon, satu bus di Tasikmalaya dan dua bus di Bogor. “Bus-bus ini tidak mengenakan tarif kepada pengguna jasa. Pembebasan tarif ini karena bekerja sama dengan Pemerinyah Provinsi Jawa Barat,” ungkapnya.

Sesuai kesepakatan dengan Pemprov Jabar, dia menuturkan bus itu hanya beroperasi pada setiap Sabtu dan Ahad. “Ternyata peminatnya sangat bagus. Load factor bus selalu penuh,” ujarnya.

BUS BURUH
Selain bus khusus penyandang disabilitas, Indra Darmawan menjelaskan Perum DAMRI juga mengoperasikan dua bus gratis untuk buruh di Bandung.

Pengoperasian bus dengan trayek Cibiru-Elang itu, dia mengutarakan bekerja sama dengan serikat pekerja dan Dinas Tenaga Kerja, yang mengusahakan dana dari corporate social responsibiity (CSR) perusahaan. (awe).