Angkasa Pura 2

Sei Ambawang, Satu-satunya Terminal Tipe A Kelolaan Ditjen Hubdat di Wilayah Kalbar

KoridorJumat, 12 Januari 2018
IMG-20180112-WA0012

PONTIANAK (BeritaTrans.com) – Terminal Sei Ambawang, Pontianak  merupakan satu-satunya terminal  tipe A di wilayah Kalimantan Barat (Kalbar) yang menjadi kewenangan pemerintah pusat yaitu Ditjen Perhubungan Darat  (Hubdat) Kementerian Perhubungan.

“Terminal ini tepatnya dibawah koordinasi  Balai Pembina Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XIV Provinsi Kalimantan Barat,” kata Dirjen Hubdat Kemhub Budi Setiyadi di Pontianak, Jumat (12/1/2018).

Ke depan, harap Dirjen Hubdat, pengelolaan Terninal  Sei Ambawang harus lebih baik, aman, nyaman dan tertib. Semua bus AKAP dan AKDP serta angkot dan angkudes harus masuk terminal.

Bukan hanya itu, menurut Dirjen Budi, Sei Ambawang juga harus menjadi contoh dan rujukan bagi terminal laib di bawahnya, khususnya di wilayah Kalimantan Barat.

Dikatakan Terminal Sei Ambawang, bukan hanya melayani bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP).  Terminal darat terbesar di Pontianak itu juga melayani antarlintas batas negara (ALBN).

IMG-20180112-WA0011

Saat ini, lanjut dia, ada Bus ALBN yang ada di Terminal Sei Ambawang melayani trayek yang menghubungkan 3  negara yaitu Indonesia (Pontianak), Malaysia (Kuching), dan Brunei Darussalam.

Sementara ini bus ALBN yang masuk Terminal Sei Ambawang antara lain Damri, SJS, Kitara, Bintang Jaya, ADBS (Indonesia); Eva, Biaramas (Malaysia).

Untuk bus AKDP antara lain Damri, Borneo Trans Holiday, Khatulistiwa Holiday, Marus, Tanjung Niaga, TSM, Senyosa, Hidayah, dan ATS. Sedangkan untuk bus AKAP hanya Damri dengan trayek Pontianak-Pangkalan Bun. (helmi)