Angkasa Pura 2

Tingkatkan Keselamatan, Diperlukan Peningkatan SDM Operasional Kapal

Dermaga KoridorJumat, 12 Januari 2018
IMG-20180111-WA0037

IMG-20180111-WA0038

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Untuk meningkatkan keselamatan penyeberangan, diperlukan peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk operasional kapal salah satunya terkait dengan pengikatan (pelashingan) kendaraan di atas kapal.

Menurut Staf Ahli Menteri Perhubungan bidang Logistik, Multimoda, dan Keselamatan Transportasi Cris Kuntadi, hal itu harus dilakukan untuk keselamatan.

“Surat Ditjen Hubdat terkait dengan Kewajiban Pengikatan pada Kendaraan di atas Kapal, merupakan penegasan atas ketentuan yang telah ditetapkan (Permenhub) karena masih belum seragam dalam penerapannya,” jelas Cris kepada BeritaTrans.com, Jumat (12/1/2018).

IMG-20180111-WA0039

Diharapkan dengan adanya surat tersebut, implementasi aturan bisa diterapkan secara seragam dan disiplin.

Selama ini, kata dia, banyak kendaraan yang diangkut kapal tanpa lashing atau tidak benar lashingnya.

“Parahnya, petugas bahkan ada yang tidak faham standar/pedoman pengikatan kendaraan sehingga implementasinya tidak sesuai,” tuturnya.

Cris menambahkan, perlu ketegasan otoritas pelabuhan penyeberangan terhadap segala pelanggaran pengikatan kapal karena terkait dengan keselamatan.

Dalam pelashingan kendaraan, pada surat disebutkan bahwa harus ada jarak minimal 60 cm, agar terhindar dari gesekan atau senggolan selama pelayaran. (omy)

loading...