Angkasa Pura 2

Angkut 21 Ton Ikan, Kapal Sinar Kakap Karam di Perairan Kubu Raya

Dermaga Kelautan & PerikananSabtu, 13 Januari 2018
images (8)

KUBU RAYA (BeritaTrans.com) – Kapal motor bermuatan ikan gembung karam di sekitar perairan muara Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Kapal Motor (KM) Sinar Kakap GT 21, yang bermuatan ikan sekitar 16 ton tenggelam setelah dihempas gelombang tinggi, Jumat (12/1/2018).

Menurut informasi pihak kantor SAR Pontianak, kapal karam tersebut selain nengangkut ikan juga mengangkut 8 orang nahkoda dan anak buah kapal. Nahkoda dan anak buah kapal dipastikan berhasil diselamatkan.

“Nahkoda bernama Kamil dan 7 ABK berhasil selamat,” Kata Humas Kantor SAR Pontinak Untung, seperti dikutip tribunnews.com, Jumat (12/1/2018).

Mendapati informasi kecelakaan kapal tersebut, pihaknya langsung melakukan koordinasi denga Pol Air Kubu dan awak KM Sinar Kakap GT 21 yang telah dievakuasi ke Pos Pol Air muara Kubu.

Ia mengatakan berdasarkan data yang berhasil dihimpun kronologis tenggelamnya kapal tersebut bermula Kamis (11/1) sekira pukul 10.00 WIB, kapal berangkat dari Tanjung Satai Kabupaten Kayong Utara dengan tujuan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya.

Sekitar Pukul 00.50 WIB, kapal sampai diperairan muara Kubu Tanjung Kedah, ombak sekitar 2 meter disertai hujan lebat menghantam kapal dari haluan dan air masuk ke dalam kapal.

Kemudian pukul 01.20, Nahkoda beserta Abk sudah berusaha menguras air dengan mesin penyedot air dan secara manual tetapi air terus masuk akibat gelombang dan air yang masuk kedalam kapal tidak bisa lagi di kuras. Sekitar pukul 01.40 kapalpun tenggelam.

Sebelumnya sekira pukul 01.00, anggota Marnit Muara Kubu menerima telepon dari pemilik Kapal atas nama Tong Seng, dan menyampaikan adanya informasi bahwa kapal miliknya KM.SINAR KAKAP mengalami kecelakaan di perairan muara kubu dan minta pertolongan.

“Karena kapal akan tenggelam selanjutnya berkoordinasi dengan Kamla TNI-AL muara Kubu dan warga untuk membantu Kru kapal tersebut dengan menggunakan speed boat 40 PK milik Marnit muara Kubu dan speed milik warga,” ujarnya

Saat sampai di TKP kapal tersebut sudah dalam keadaan tenggelam semua kru, kapal sudah berada di anjungan kapal dan minta tolong untuk di evakuasi dari kapal krn ada seorang Abk kapal mengalami karam.

(Bul)?