Angkasa Pura 2

Brigjen Rikwanto: Kemajuan Teknologi Informasi Berdampak Perubahan Dalam Kehidupan Masyarakat

Aksi Polisi Koridor Otomotif SDMSabtu, 13 Januari 2018
IMG-20180112-WA0015

IMG-20180112-WA0019

JAKARTA (Beritatrans.com) – FIFGROUP menggelar kegiatan Workshop PIC PR bagi para Kepala Cabang FIFGROUP dari sejumlah wilayah di Indonesia. Sejatinya, workshop PIC PR ini digelar rutin setiap tahun.

Tahun ini merupakan angkatan ke-7 yang diikuti 30 Kepala Cabang FIFGROUP. Acara digelar di Auditorium Gedung Sindo, Jakarta Pusat, Kamis pekan lalu, dengan menghadirkan pembicara  Karo Multimedia Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Drs Rikwanto S.H M.Hum, Direktur PGP LPSR, Dr Rino F Boer, VP Corporate Communication Citilink Benny S Butarbutar, dan praktisi media Gustav Aulia.

Sebagai pembicara pertama, Rikwanto memaparkan tema yang cukup menarik, yakni “Perkembangan Multimedia di Tahun 2018 serta Peluang dan Tantangannya”.

Dalam paparan yang dibawakan dengan santai diselingi candaan ringan, Rikwanto mengatakan, kemajuan teknologi informasi, misalnya gadget, telah membawa dampak perubahan di dalam kehidupan masyarakat. Termasuk juga di tubuh kepolisian.

Rikwanto mengatakan, dampak gadget membuat strategi di tubuh kepolisian bertambah atau ada hal yang baru, yakni manajemen media. Di dalam manajemen media ini, kepolisian melakukan beragam upaya, antara lain, pendekatan media mainstream, kelola media sosial, respon cepat dan netralisir sentimen negatif, dan kelola trending topic.

“Kalau ada isu negatif, jangan tunda lama-lama untuk lakukan netralisir atau klarifikasi,” imbuhnya mengingatkan.

Usai pemaparan, ia pun berharap, para Kepala Cabang FIFGROUP untuk selalu dapat membuka diri dalam berkomunikasi dengan berbagai pihak. “Komunikasi menjadi kunci kemajuan perusahaan maupun institusi,” ujarnya.

Management and Media Literacy

Hal senada dilontarkan Rino F Boer yang membawakan tema “Strategic Issue Management and Media Literacy”, Benny Butarbutar dengan tema “Komunikasi dan Relationship dengan Media”, serta  “Communication Skill” oleh Gustav Aulia.

Head of Corporate Communication FIFGROUP Arif Reza Fahlepi menegaskan, workshop PIC PR FIFGROUP adalah untuk membekali para Kepala Cabang FIFGROUP agar memiliki kemampuan komunikasi yang baik, baik kepada pihak internal maupun eksternal.

“Workshop memberi knowledge tentang ilmu PR dan multimedia. Harapannya, selain mampu berkomunikasi dengan baik, mereka juga bisa memanfaatkan berbagai saluran komunikasi dan membuat inovasi yang tepat sasaran,” tegas.(helmi)