Angkasa Pura 2

Cuaca Buruk Paksa Pelayaran Batam-Karimun Dibatalkan

DermagaSabtu, 13 Januari 2018
images (9)

BATAM (BeritaTrans.com) – Cuaca buruk dan hujan deras yang disertai angin kencang sejak kemarin telah berdampak pada jadwal pelayaran Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), Batam.

Hari ini, Jumat (12/1/2018), jadwal kapal menuju Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun dibatalkan.

Kepala Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang, Trino Palapa, mengatakan, jadwal pelajaran menuju Kecamatan Moro Kabupaten Karimun terpaksa dibatalkan murni karena cuaca.

Selain itu, kapal dari dan ke Tanjungbalai Karimun juga terlambat.

Arus-Balik-Di-Pelabuhan-Sekupang-2-F-Cecep-Mulyana

“Untuk keberangkatan, dan ketibaan kapal menuju Balaikarimun pun juga mengalami keterlambatan,” katanya saat dihubungi tribunnews.com, Jumat (12/1/2018).

Keterlambatan itu dikarenakan para Nakhoda kapal mencari jalur lain untuk menghindari terjangan ombak yang di perkirakan setinggi 2 meter tinggi.

“Karena kapal harus lewat dari jalur pinggir yang dinilai lebih aman, sehingga rute perjalanan juga menjadi makin jauh dan pelayaran melewati selat Malaka,”tambahnya.

Bahkan, jadwal ketibaan kapal dari Karimun terlambat hingga 1 jam. Begitu juga sebaliknya.

“Untuk pelayaran menuju Karimun tidak ada yang dibatalkan, yang menuju Karimun itu semuanya normal. Yang terpaksa dibatalkan jadwal pelayaran menuju Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun. Karena untuk menuju kesana menggunakan kapal speedboat yang lebih kecil dari kapal menuju Karimun,” ungkapnya.

Bukan hanya pelayaran dalam lokal, Trino juga menyampaikan, beberapa pelayaran Internasional dari Karimun menuju Malaysia dan Singapura juga terpaksa dibatalkan karena kondisi cuaca saat ini

“Tadi saja bahkan kapal yang sebelumnya telah berangkat harus berputar balik menuju pelabuhan Tanjung Balai Karimun, karena cuacanya membahayakan pelayaran,” pungkasnya.

loading...