Angkasa Pura 2

Kapal Kargo Tersangkut Jaring dan Sempat Hilang Komunikasi Akhirnya Tiba Selamat di Pontianak

DermagaMinggu, 14 Januari 2018
IMG-20180113-WA0061

PONTIANAK (BeritaTrans.com) – Kapal kargo Express 88 mengalami hilang komunikasi atau lost contact saat berlayar dari pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara (7/1/2018) menuju pelabuhan Pontianak Kalbar ETA dan dijadwalkan tiba 9 Januari 2018.

Nakhoda kapal terakhir melakukan komunikasi pada Senin (8/1/2018) dan menyampaikan sudah berada di perairan Belitung dalam kondisi aman.

Namun selanjutnya tidak lagi menghubungi dan tidak bisa dihubungi hingga pada Rabu (10/1/2018) pihak agen kapal yakni PT Nusa Dua Pasifik melaporkan adanya hilang kontak komunikasi.

“Berbagai upaya dilakukan melalui koordinasi semua pihak terkait dan saya memeroleh laporan bahwa Jumat (12/1/2017) pukul 11.00 WIb telah sandar di Dermaga PT Centranusa Pasifik,” jelas Kepala KSOP Kelas II Pontianak Capt. Revolindo kepada BeritaTrans.com, Ahad (14/1/2018).

Pihaknya juga telah melaksanakan komunikasi dan koordinasi dengan Disnav Pontianak, KSOP Kendawangan, SROP Ketapang, SROP Pontianak, Pangkalan Balam, dan SROP Tanjung Bandan. Selain itu juga dengan Agen PT Sentra Nusa Pasifik, Pos AL Belitung, Pol Air Belitung, Bakamla PKP, Pos Al Sadai, dan Pelabuhan Tanjung Pandan.

“Basarnas Pontianak akhirnya dapat berkomunikasi dengan Kapten Yosis (KM Kargo Express 88) setelah memeroleh kabar terbaru dari pihak agen bahwa mereka dalam kondisi selamat dan aman,” ungkap Revolindo.

Kondisi kapal berlayar menuju Pontianak ditambahkannya dengan speed 5,5 knots karena propeller kanan trouble tersangkut jaring nelayan, kapal berlayar menggunakan satu Main Engine.

“Kondisi 11 anak buah kapalnya (ABK) selama pelayaran juga selamat dan aman,” imbuhnya. (omy)