Angkasa Pura 2

Inilah Beda Kerja Sama Pemanfaatan dan Kerja Sama Operasi Bandara

BandaraSelasa, 16 Januari 2018
IMG-20170820-WA0039

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dalam mengelola Bandara, ada dua jenis saat akan dialihkan kepada pihak ketiga di luar Kementerian Perhubungan.

Kerja sama itu adalah Kerja Sama Pemanfaatan atau KSP yakni untuk mendapatkan revenue stream Jasa Kebandarudaraan (aero) dan Jasa Terkait Bandar Udara (non aero).

Sedangkan kerja sama operasi (KSO) adalah kerja sama untuk mendapatkan revenue stream non aero saja.

“Jasa Kebandarudaraan (aero) meliputi pelayanan jasa pendaratan, penempatan dan penyimpanan Pesawat Udara; Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara; Pelayanan Jasa Kargo dan Pos Pesawat Udara; Jasa Penyediaan tempat pelaporan keberangkatan (Check-in Counter); dan Pelayanan garbarata (aviobridge),” jelas Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso di Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Pelayanan jasa aero kata dia, dapat diinvestasikan oleh mitra namun pengelolaan tetap dilaksanakan oleh Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Badan Layanan Umum (BLU) dengan kompensasi kepada mitra diberikan hak pengelolaan pada area komersil (Jasa Terkait).

UPBU BLU tetap bertanggungjawab terhadap pengelolaan jasa kebandarudaraan. Tarif atas pelayanan jasa kebandarudaraan ditetapkan oleh Kementerian Keuangan.

Sedangkan Jasa terkait Bandar Udara (non aero) terdiri dari: Penyediaan hanggar pesawat udara; Penyediaan Perbengkelan pesawat udara; Penyediaan Pergudangan; Penunjang kegiatan pelayanan penumpang dan barang, seperti : toko dan restoran, parkir kendaraan, hotel, dll.

“Serta yang bisa memberikan nilai tambah, seperti fasilitas tempat bermain, perkantoran, periklanan, dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Untuk jasa terkait Bandara (non aero), dapat dikerjasamakan dengan ataupun tanpa investasi. Tarif atas pelayanan jasa terkait Bandara, ditetapkan Direktur BLU bersama Mitra.

Kerja sama KSO dan KSP ini mengacu kepada UU Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan terutama pasal 232 tentang Kegiatan Pengusahaan di Bandar Udara. (omy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari