Angkasa Pura 2

KNKT Apresiasi KAI, Soerjanto: Kini Masinis Bisa Tidur Layaknya di Hotel Bintang l

Emplasemen SDMKamis, 18 Januari 2018
IMG-20180118-WA0012

JAKARTA (Beritatrans.com) – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengapresiasi manajemen PT KAI yang menyediakan fasilitas  dan inftastruktur khususnya bagi masinis dan krew  KA lainnya untuk beristirahat.  Dulu mereka tidur di emperan stasiun, padahal  tugas dan tanggung jawabnya berat.

“Kini masinis bisa istirahat lebih nyaman layaknya di hotel bintang satu. Dampaknya mereka bisa istirahat cukup nyaman dan selanjutnya bisa fokus saat kerja  dan mampu meningkatkan keselamatan KA,”  kata Ketua KNKT Dr. Soerjanto  Tjahjono di Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Kenyamanan dan perhatian yang cukup dari manajemen KAI ini, lanjut dia, layak ditiru moda transportasi lain di Indonesia. “Batas kerja masinis dan awak kendaraan lain itu maksimal 8 jam sehari. Dan setiap 4 jam harus istrirahat yang cukup,” jelas Soerjanto.

Jika semua aturan itu dilaksanakan  dampaknya pelayanan  ke konsumen makin baik. “Dampak ikutannya keselamatan transportasi KA  juga meningkat seperti terjadi tahun 2017 lalu,” tukas Soerjantp.

Meninggal l Orang

Dari keempat moda transportasi yang diinvestigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tahun 2017,  moda  Kereta Api (KA) menjadi moda yang paling sedikit mengalami kecelakaan selama setahun dengan jumlah 7 kasus. 

“Korban jiwa dalam kasus kecelakaan tahun lalu hanya 1, yaitu asisten masinis yang meninggal dalam kasus KA anjlok di Bandar Lampung,” kata Wakil Sub Komite Investigasi Kecelakaan KA Lucky Binti saat mendampingi Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono.

Menurutnya, dari 7 kasus laka KA tahun 2017 tersebut, hanya ada satu kasus tabrakan dan enam lainnya merupakan kasus kereta anjlok.

Walaupun diakui, jumlah kasus kecelakaan kereta api yang terjadi pada tahun 2017 ini mengalami peningkatan sebanyak satu kasus. Namun ini merupakan tahun kedua KNKT menginvestigasi kasus tanpa adanya korban jiwa maupun luka yang vatal.(helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari