Angkasa Pura 2

Bangun Infrastruktur Transportasi, Menkeu Sri Mulyani: Libatkan Swasta dengan Skema KPBU

Emplasemen KoridorJumat, 19 Januari 2018
Menkeu SriMulyani KA Medan

MEDAN (Beritatrans.com) – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan untuk membangun proyek transportasi, apabila ada tambahan seperti untuk meningkatkan kapasitas, ada baiknya untuk melibatkan pihak swasta dengan skema KPBU (Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha). Hal ini karena anggaran Kementerian Perhubungan sangat terbatas.

Demikian disampaikan Menkeu Sri Mulyani saat meninjau proyek double track KA Medan – Kualanamu di Titi Gantung, tidak jauh dari Stasiun KA Medan bersama Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi.

“Kita bisa membangun lebih banyak apabila melibatkan swasta. Pembiayaannya dapat kita pikirkan. LRT salah satu yang kita bayangkan di Medan sebagai calon proyek yang dapat menggunakan skema KPBU. Untuk subsidi tarif akan kita lihat,” kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani menyebut seperti biasanya anggaran pemerintah itu untuk menyelesaikan proyek selama tiga tahun. Menurutnya dengan tiga tahun itu kalau dengan proyek yang sangat besar akan menghabiskan anggaran.

“Oleh karenanya yang dapat digunakan adalah menggunakan swasta dan kita hitung bagaimana nyicilnya. Untuk KPBU di Sumut belum banyak. Saat ini sedang kita rintis itu termasuk LRT itu,” tutup Sri Mulyani.(helmi)