Angkasa Pura 2

Keselamatan Penerbangan Meningkat Sepanjang Tahun 2017

Bandara KokpitJumat, 19 Januari 2018
IMG-20171229-WA0020

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Keselamatan penerbangan di Indonesia yang meningkat sepanjang tahun 2017. Hal itu terbukti dari laporan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang menyebutkan jumlah kecelakaan sebanyak tujuh kejadian.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso menyambut gembira hasil laporan KNKT tersebut.

“Turunnya jumlah kecelakaan penerbangan merupakan dampak dari membaiknya implementasi keselamatan penerbangan nasional. Terutama dalam hal implementasi pengawasan oleh regulator yaitu Ditjen Perhubungan Udara dan kepatuhan para penyelenggara penerbangan nasional seperti maskapai penerbangan, pengelola bandara, penyelenggara navigasi penerbangan, groundhandling, MRO serta masyarakat terhadap aturan-aturan penerbangan baik dari Internasional seperti annex ICAO maupun peraturan nasional seperti CASR,” urai Agus di Jakarta, Jumat (19/1/2018).

Sebagai regulator diungkapkan Agus, pihaknya berterimakasih kepada para penyelenggara penerbangan atas kerjasama dan kerja kerasnya sehingga keselamatan penerbangan meningkat sehingga jumlah kecelakaan dan korban jiwa menurun.

Menurut Agus, laporan dari KNKT merupakan jawaban yang sangat sempurna dari hasil ICVM audit USOAP dari ICAO di mana nilai efektif implementasi terkait keselamatan penerbangan Indonesia mencapai 81,15 persen, meningkat tajam dari audit tahun-tahun sebelumnya dan jauh di atas rata-rata dunia yang berada di angka 60 persen.

“Namun para penyelenggara penerbangan agar tetap mempertahankan dan meningkatkan capaian di tahun 2018 ini sehingga lebih baik dari tahun 2017,” Agus mengingatkan.

Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (KPPU) Ditjen Perhubungan Udara Muzaffar Ismail menambahkan, hasil investigasi dan rekomendasi kasus kecelakaan dari KNKT merupakan masukan penting bagi regulator terutama dalam soal pengawasan.

Pihaknya berjanji akan menindaklanjuti rekomendasi-rekomendasi dari hasil laporan investigasi KNKT sehingga kejadian terkait kecelakaan penerbangan tersebut tidak terulang lagi di masa mendatang.

“Kami telah menyiapkan inspektor untuk melakukan pengawasan terkait keselamatan penerbangan. Inspektor tersebut kami didik dan kami latih bahkan kami lakukan on job training sebelum kami terjunkan bekerja. Dengan demikian mereka mempunyai tingkat kompetensi tinggi,” tutur Muzaffar. (omy)

loading...
  • Cena Ganesa

    thanks atas beritanya, silakan baca kata kata bijak di katakatabro.com