Angkasa Pura 2

Ingin Selamat, Patuhi Kecepatan Berkendara Di Jalan

Aksi Polisi Koridor OtomotifSelasa, 23 Januari 2018
Batas  Kecepatan

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kasus kecelakaan di jalan raya banyak disebabkan oleh faktor manusia atau human error. Salah satunya adalah berkendara melebihi batas kecepatan.

“Maka, mari patuhi aturan batas kecepatan saat berkendara di jalan raya tersebut,” sebut akun @kemenhub151 di Jakarta, Selasa (23/1/2018).

Pakar transportasi dan Ketua Lab Transportasi Unika Soegijorpanoto Semarang Djoko Setijowatno, ST, MM menyebutkan, Setiap jalan memiliki batas kecepatan paling tinggi yang ditetapkan secara nasional.

“Batas kecepatan dapat dilakukan untuk jalan bebas hambatan, jalan antar kota, jalan pada kawasan perkotaan dan jalan pada kawasan permukiman,” jelas Djoko.

Dia menambahkan, untuk jalan bebas hambatan (jalan tol) ditetapkan batas kecepatan paling rendah.

“Pasal 3 ayat 4 PM 111/2015, menetapkan batas kecepatan paling rendah 60 km/jam dalam kondisi arus bebas dan paling tinggi 100 km/jam untuk jalan bebas hambatan, paling tinggi 80 km/jam untuk jalan antarkota, paling tinggi 50 km/jam untuk kawasan perkotaan dan paling tinggi 30 km/jam untuk kawasan permukiman,” tandas Ketua MTI itu lagi.(helmi)