Angkasa Pura 2

Cari Informasi Transportasi? Datang Saja ke Perpustakaan Badan Litbang Perhubungan

LitbangMinggu, 28 Januari 2018
IMG_20180126_105431

JAKARTA (beritatrans.com) – Pagi itu, Jumat (26/1/2018), sekira pukul 09.30 WIB perpustakaan Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Perhubungan tampak mulai dikunjungi oleh masyarakat.

“Kalau pagi memang biasanya pengunjung sedikit. Pengunjung agak banyak mulai istirahat makan siang hingga tutup perpustakaan di sore hari,” kata Feronika Sekar Puriningsih, Kasubag Publikasi dan Perpustakaan Bagian Data, Humas, dan Publikasi Badan Litbang Perhubungan kepada beritatrans.com dan aksi.id.

Meskipun statusnya milik Badan Litbang Perhubungan, perpustakaan yang berlokasi di komplek perkantoran Kementerian Perhubungan di Jalan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat ini terbuka dan melayani masyarakat umum. Makanya untuk menarik dan membuat nyaman para pengunjung perpustakaan yang terdiri dari 3 lantai ini dibuat sedemikian rupa.

IMG_20180126_101241

Gedung perpustakaan memiliki desain eksterior victoria yang mengadaptasi gedung-gedung bergaya Eropa, layaknya gedung kerajaan dengan pilar-pilar megah. Sedangkan desain interiornya bergaya retro modern minimalis dengan menggunakan warna-warna cerah. Unsur minimalis juga terlihat dari penggunaan unsur aluminium untuk rangka kaca. Material kaca dipilih berwarna kebiruan sehingga sinar matahari yang masuk tidak membuat silau mata serta memberikan suasana teduh yang dapat memberikan rasa nyaman dan tenang.

Di lantai pertama diperuntukan khusus untuk perpustakaan dengan jumlah koleksi sekitar 13.476 buah yang terdiri dari berbagai literatur dan referensi bidang transportasi, dokumen perhubungab, dokumen non perhubungan, statistik, makalah atau materi seminar, regulasi, dan hasil-hasil studi dan penelitian transportasi.

IMG_20180126_110140

“Ruangan perpustakaan dibuat agar suasana hati riang, namun tetap bisa menjaga konsentrasi dan ketenangan,” kata Feronika.

Lantai 2 digunakan untuk rekreasi jasmani atau pusat kebugaran (fitness center). Sedangkan lantai 3 tersedia Cafetaria Galileo bagi pengguna perpustakaan yang ingin kuliner.

IMG_20180126_104720

Para pengunjung dapat mengakses berbagai literatur atau koleksi buku langsung mencari ke rak atau bisa juga menggubakan fasilitas Online Public Access Catalogue (OPAC) yang berada tidak jauh dari pintu masuk. Namun bisa juga meminta bantuan kepada staf pustakawan untuk mencarikan koleksi literatur atau buku yang diinginkan.

“Jadi jangan ragu berkunjung ke perpustakaan Badan Litbang. Kami siap membantu dan memberikan pelayanan yang terbaik,” ujar Feronika. (aliy)