Angkasa Pura 2

Dirjen Budi Minta Para Kepala Balai Tertibkan Over Loading Angkutan Barang

KoridorMinggu, 28 Januari 2018
IMG-20171212-WA0020

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Agus Budi Setiyadi meminta agar para kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) segera menertibkan over dimensi dan over loading angkutan barang.

Permintaan Dirjen Budi itu disampaikan saat meninjau sejumlah Terminal Tipe A di Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (27/1/2018).

“Saya minta kepada Kepala Balai agar segera melakukan langkah langkah penanganan over dimensi dan over loading. Di Jakarta kita sudah mulai dengan cara operasi penertiban. Langkah awal kita tandai dimensi bak muatan yang melanggar dengan cat pilox,” kata Budi.

Budi mengatakan, pelanggaran muatan biasanya selalu didahului oleh pelanggaran dimensi. “Makanya saya minta teman-teman di daerah yang memiliki tugas pokok pengujian berkala agar benar-benar dijalankan dengan baik.

Menurut Budi, efek dari over load menyebabkan jalan banyak yang rusak, dan pemerintah harus menanggung dengan mengeluarkan anggaran per tahun tidak kurang dari Rp45 trilliun.

“Ini angka yang cukup besar. Makanya saya minta segera lakukan penertiban baik di UPPKB maupun dijalan dengan bersama sama pihak kepolisian,” ujar Budi.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XIX Benny Nurdin Yusuf yang turut mendampingi Dirjen Budi mengatakan pihaknya akan segera melaksanakan instruksi Dirjen Perhubungan Darat tersebut.

“Dalam waktu dekat saya akan mengundang semua penguji,” kata Benny.

Benny mengatakan, sebelumnya telah melakukan pertemuan dengan pemilik bengkel karoseri bersama Kabag Regident Ditlantas Polda Sulsel membicarakan terkait SK Rancang Bangun Karoseri Kendaraan bermotor dan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) sebagai salah satu syarat pendaftaran dan penerbitan BPKB, STNK, dan Buku Uji Berkala Pertama kali. (aliy)