Angkasa Pura 2

Laporan BeritaTrans dari Makah

Kebiasaan Sholat Ghoib di Kedua Masjid Suci Umat Islam

Another News DestinasiMinggu, 28 Januari 2018
images

MAKAH  (BeritaTrans.com) – Ada kebiasaan yang rutin dilakukan di Masjidil Haram Makah dan juga Masjid Nabawi Madinah.  Jamaah umat Islam diajak Sholat Ghoib untuk mendoakan arwah umat Islam yang meninggal dunia di kota suci tersebut.

Setiap selesai sholat fardlu lima waktu, selalu dilakukan Sholat Ghoib. Setelah salam atau sholat selesai, muadzin langsung mengumumkan akan dilakukan sholat ghoib.

Sholat ini dilakukan untuk mendoakan jenazah umat Islam yang meninggal hari itu, khususnya di kota Makah dan Madinah Arab Saudi.

Waktu jeda antara sholat wajib dengan sholat ghoib ini sekitar 3-4  menit. Jadi, bagi jamaah yang akan menunaikan sholat rowatib dua rekaat setelah  sholat fardlu masih bisa.

Bagi jamaah Umrah atau Haji asal Indonesia jangan heran. Jika berkesemapatan menunaikan sholat fardlu  berjamaah  kedua masjid suci umat Islam itu, akan menemukan kebiasaan menunaikan Sholat Ghoib tersebut.

images-1

Jamaah yang ihlas dan berminat mendoakan jenazah umat Islam yant meninggal  dunia di Tanah Suci silahkan ikut  Jika tidak, bisa melanjutkan berdoa atau aktivitas laib di masjid tersebut.

Pembimbing Jamaah Umrah Albilad Universal Ust Ratoni kepada Beritatrans.com mengatakan, keviasaan Sholat  Ghoid hanya dilakukan di Masjidil Haram Makah dan Masjid Nabawi Madinah.

“Sholat ini hukumnya sunnah, bisa dilajukan. Apalagi Sholat Ghoib yersehut dilaksanakan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Kedua masjid tersebut dijanjikan Allah Swt untuk diberikan pahala berlipat ganda dibandingkab sholat di masjid yang lain,” tandas Ust Ratoni.(helmi)

Foto: Dok/ ilustrasi

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari