Angkasa Pura 2

Bandara Sentani dan Radin Inten II Segera Dikerjasamakan dengan Angkasa Pura I dan II

BandaraSenin, 29 Januari 2018
lion-air-_-di-bandara-553x400

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dua bandara yang saat ini berstatus Badan Layanan Umum (BLU) Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) yakni Sentani Jayapura dan Radin Inten Lampung, segera dikerjasamakan dengan Angkasa Pura I dan II.

Melalui Kerja Sama Pemanfaatan (KSP), sejak awal Januari 2018 prosesnya telah dilakukan dan ditargetkan khir Maret 2018 dapat dimulai pengesahannya.

“Saat ini prosesnya sudah sampai pada pembuatan konsep Surat Menteri Perhubungan kepada Menteri Keuangan perihal Usulan Pencabutan Status PPK-BLU UPBU Bandar Udara Sentani – Jayapura dan Bandar Udara Radin Inten II Lampung,” jelas Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso di Jakarta, Senin (29/1/2018).

Dia mengemukakan, perubahan status Bandara Sentani dan Bandara Radin Inten II dari KSO BLU UPBU menjadi KSP adalah untuk lebih mengembangkan bandara-bandara tersebut baik dari sisi bisnis maupun sisi keselamatan dan keamanan penerbangan.

Dengan berkembangnya bandara, diharapkan bisa menjadi pemicu perkembangan perekonomian daerah tersebut secara lebih masif.

“Sudah saatnya dua bandara tersebut dikembangkan menjadi lebih besar lagi mengingat lalu lintas penerbangannya yang padat dan potensi daerah yang sangat besar,” ujarnya.

Agus mencontohkan Bandara Sentani yang saat ini sudah sangat padat lalu lintas penerbangannya, sudah ada 200-an penerbangan tiap hari yang dilayani bandara ini, hampir sama dengan Bandara Juanda yang merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia.

Namun dengan jam operasional yang lebih pendek, lalu lintas penerbangan di Bandara Sentani menjadi lebih sibuk. Untuk meningkatkan faktor keselamatan, keamanan dan pelayanan penerbangan, maka bandara ini perlu dikembangkan.

Sedangkan untuk Bandara Radin Inten II sangat perlu dikembangkan mengingat daerah Lampung yang juga berkembang cukup pesat terutama dari bidang pariwisata. Lampung yang berseberangan dengan pulau Jawa juga merupakan pintu gerbang pulau Sumatera dari sisi timur. (omy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari