Angkasa Pura 2

Kantor Pusat Arsip Kemhub Diresmikan

Bandara Dermaga Emplasemen Kokpit Koridor SDMSenin, 29 Januari 2018
IMG_20180129_130237

BANDUNG (BeritaTrans.com) – Kantor Pusat Arsip Kementerian Perhubungan (Kemhub) diresmikan Sekretaris Jenderal Kemhub Sugihardjo diwakili Kepala Biro Umum Adi Karsyaf, Senin (29/1/2018) siang.

Seiring dengan pertambahan jumlah arsip Kemhub dan untuk tercapainya pengelolaan kearsipan yang sesuai standar ANRI, menurut Adi, maka dibangun Gedung Pusat Arsip yang menempati lahan seluas 9.800 m³ dan akan digunakan untuk menyimpan arsip inaktif Kemhub secara terpusat.

“Kapasitas penyimpanan Gedung Pusat Arsip Kemhub dapat menampung ± 103.680 boks arsip,” jelas Adi.

Gedung Pusat Arsip Kemhub dibangun tiga lantai dengan pembagian tata letak penyimpanan arsip antara lain lantai 1 untuk Unit Kerja Sekretariat Jenderal, lantai 2 BPSDM Perhubungan, Badan Litbang Perhubungan, BPTJ, Ditjen Perkeretaapian, dan lantai 3 Ditjen Perhubungan Darat, Ditjen Perhubungan Laut, Ditjen Perhubungan Udara dan Inspektorat Jenderal.

Dengan dibangunnya Gedung Pusat Arsip Kemhub, ke depannya diharapkan pengelolaan arsip inaktif akan lebih baik, sehingga arsip dapat terjaga dan terpelihara dengan baik serta secara rutin arsip-arsip inaktif Kemhub dapat dipindahkan ke ANRI sebagai arsip statis untuk diselamatkan dan dimanfaatkan sebagai bahan referensi dan penelitian yang terkait dengan sektor  transportasi.

“Ini merupakan bentuk perhatian Kemhub terhadap penyelenggaraan kearsipan yang dibuktikan dengan dicanangkannya Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip di lingkungan Kemhub pada tahun 2016.

Selain fasilitas utama, Gedung Pusat Arsip ini juga dilengkapi perkantoran lainnya, ruang rapat, audotorium, ruang staf, rumah dinas kepala kantor, mes karyawan 10 kamar, dan mushalah dengan kapasitas 40 orang. (omy)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari