Angkasa Pura 2

348 Pelabuhan Siap Terima Kunjungan Kapal Wisata

DermagaSelasa, 30 Januari 2018
cruise-823668_1280-1280x640

IMG_20180130_105931

KUTA (beritatrans.com) – Buah dari konsistensi menerapkan International Ship and Port Facility Security (ISPS) Code sejak 14 tahun lalu, Kementerian Perhubungan telah memiliki 348 pelabuhan yang sudah comply dengan ketentuan organisasi maritim internasional atau International Maritime Organization (IMO) tersebut.

“Ketika pelabuhan sudah comply dengan ISPS Code, berarti dari aspek keselamatan dan keamanan, pelabuhan tersebut telah layak dan siap menerima kapal-kapal wisata atau cruise,” kata Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Direktorat Jenderal Perhububungan Laut Kementerian Perhubungab Capt. Jhonny R Silalahi saat membuka acara ISPS Code Workshop: Port Security and the Cruise Industry di The Stones Hotel, Legian, Bali, Selasa (30/1/2018).

Capt. Jhonny mengatakan, sekecil apapun gangguan keamanan terhadap fasilitas pelabuhan khususnya terminal kapal wisata atau cruise, dapat berdampak pada kepercayaan pihak industri kapal pesiar kepada Indonesia.

“Makanya dalam rangka mendukung pengembangan dan peningkatan kunjungan wisatawan manca negara ke Indonesia, kita komitmen menjaga keamanan dan keselamatan fasilitas pelabuhan sesuai ISPS Code,” tuturnya.

Sebagai informasi, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Australia dan Amerika Serikat menggelar acara ISPS Code workshop yang berlangsung dari 30 Januari – 2 Februari 2018 di Kuta Bali.

Penyelenggaraan Workshop ISPS Code ini merupakan rangkaian dari kegiatan kerjasama di bidang capacity building antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Australia yang telah diselenggarakan pada bulan November tahun 2017 lalu yaitu Port Security Desktop Exercise di Lombok, yang juga dihadiri oleh observer dari US Coast Guard. 

Pada workshop dimaksud, Capt. Jhonny berpesan kepada para Koordinator Komite Keamanan Pelabuhan (Port State Control) dan Perwira Keamanan Fasilitas Pelabuhan (Port Facility Security Officer) serta seluruh peserta workshop untuk tidak lagi berbicara mengenai bagaimana cara memenuhi persyaratan minimum dari peraturan, tetapi bagaimana caranya menjaga konsistensi dan membuat terobosan baru untuk menciptakan keamanan fasilitas pelabuhan yang optimal. (aliy)

loading...