Angkasa Pura 2

Dirjen Agus Nyatakan Kelengkapan Sarpras 9 Bandara Baru Terpenuhi

BandaraSelasa, 30 Januari 2018
IMG-20180128-WA0034

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso menyatakan bahwa kelengkapan sarana dan prasarana di sembilan baru terpenuhi sesuai ketentuan.

“Bandara-bandara tersebut sudah memenuhi aspek  keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan, baik dari udara maupun darat,” jelas Agus di Jakarta, Selasa (30/1/2018).

Di antaranya urai dia, adanya sarana dan prasarana penunjang seperti peralatan navigasi penerbangan, Pertolongan Kecelakaan Penerbangan – Pemadam Kebakaran (PKP-PK), gedung perkantoran, gedung terminal dan sebagainya. Selain itu juga sudah  disiapkan sumber daya manusia sebagai pelaksana kegiatan serta sistem prosedur operasi (SOP)  yang sesuai dengan aturan internasional (annex 14 ICAO tentang aerodromes) dan UU no. 1 tahun 2009 tentang Penerbangan.

“Kami menargetkan bandara-bandara tersebut bisa diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Februari hingga Juni tahun 2018 ini. Dengan demikian bandara bisa beroperasi dengan optimal sesuai peruntukannya dan mampu meningkatkan perekonomian di daerah sekitarnya,” ungkapnya.

Selain bandara-bandara yang sudah selesai dibangun dan siap diresmikan tersebut, pada tahun ini Ditjen Perhubungan Udara juga menargetkan untuk memulai pembangunan dan pengembangan tiga bandara.

Ketiga bandara tersebut adalah Bandara Wirasaba – Purbalingga Jawa Tengah, Bandara Ngloram – Cepu Blora Jawa Tengah dan Bandara Notohadinegoro – Jember Jawa Timur.

“Diharapkan pembangunan dan  pengembangan tiga bandara tersebut sudah bisa dimulai Maret 2018 dengan dana investasi dari Ditjen Perhubungan Udara (APBN),” pungkas Agus. (omy)

loading...