Angkasa Pura 2

Dirjen Agus Bilang Indonesia Siap Bekerjasama Bidang Penerbangan dengan Negara Kawasan Asia Pasifik

Bandara KokpitRabu, 31 Januari 2018
IMG-20180131-WA0010

BEIJING (BeritaTrans.com) – Menurut Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso, Indonesia saat ini sudah mempunyai kesiapan dan percaya diri untuk bekerjasama dengan negara-negara di kawasan Asia Asifik.

Hal itu mengingat beberapa pengembangan bidang penerbangan yang sudah dilakukan dan keberhasilan yang sudah dicapai Indonesia beberapa waktu terakhir.

“Di bidang keselamatan penerbangan, beberapa keberhasilan yang sudah dicapai di antaranya meningkatkan kapabilitas pengawasan keselamatan penerbangan secara progresif di mana hasil ICAO Coordinated Validation Mission (ICVM) yang diselengarakan pada 10 – 18 Oktober 2017 lalu, Indonesia telah mencapai nilai pemenuhan (Effective Implementation/ EI Score) terhadap audit ICAO (Universal Safety Oversight Audit Programme/ USOAP) jauh di atas rata-rata global aviation safety plan,” tutur Agus di Beijing, Rabu (31/1/2018).

Dengan nilai EI unggul jauh di atas angka rata-rata global safety plan, Indonesia kata dia, menargetkan Penerapan Program Keselamatan (State Safety Programme/ SSP) pada 2018, atau maju lebih dulu dari target internasional pada tahun 2025.

Berdasarkan hasil ICVM 2017 tersebut, Indonesia memeroleh SSCs (Significant Safety Concern) atau red flag pada pelaksanaan USOAP Continous Monitoring Approach (CMA). Indonesia berkomitmen untuk mempertahankan nilai EI yang ada melalui penerapan sistem Continous Monitoring Approach (CMA) secara konsisten guna kinerja keselamatan penerbangan di Indonesia yang lebih baik.

“Indonesia juga telah memiliki tatanan navigasi penerbangan nasional dan tatanan bandara sebagai bagian dari rencana nasional. Semua bandara internasional Indonesia telah disertifikasi,” imbuh dia. (omy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari