Angkasa Pura 2

Laporan BeritaTrans dari Makah

Ragam dan Tips Aman Memilih Taksi di Makah

Destinasi KoridorRabu, 31 Januari 2018
images-1

images

MAKAH (BeritaTrans.com) – Menggunakan jasa taksi Makah, Arab Saudi harus pintar-pintar dan disarankan menggunakan taksi yang resmi. Di sekitar Masjidil Haram banyak taksi,  baik yang resmi  atau kendaraan  pribadi yang digunakan untuk sewa saat permintaan tinggi.

Ada banyak pilihan dalam menggunakan taksi di Makah.  Bisa menggunakan mobil kecil untuk 5 orang,  atau bisa mobil agak besar sampai 7 orang dengan mobil seperti Hyundai I atau Hiaaace.

Namun harus tetap waspada dan tidak lengah dalam kondisi apapun. Seperti banyak negara di dunia, jika masim Haji atau Umrah banyak pemilik mobil menawarkan jasa rentah mobil. Mereka menawarkan harga dan bisa  tawar-menawar.

Data yang dihimpun BeritaTrans.com di Makah, harga taksi bisa dinegosiasikan sesuai jarak  dan kepadatan penumpang yang dilayani. Pada musim Haji atau Umrah, tentu harganya jauh lebih mahal.

Pada hari-hari biasa, sewa taksi (kecil)  dari Masjidil Haram ke Masjid Siti Aisyah atau Tan’in, tempat miqot terdekat bagi calon jamaah Haji atau Umrah tarifnya berkisar 35 sampai 50 Real Saudi Arabia (RS).

“Harga itu bisa ditawar. Jadi harus pintar-pintar menawarnya. Dan tentunya bisa  Bahasa Arab atau Bahasa Inggris, meski tidak semua sopir taksi bisa berbahasa Inggris,” kata Ustadz Dhofier, salah satu pemandu Albilad Universal di Makah menjawab BeritaTrans.com.

Pengalaman BeritaTrans.com dan rombongan, Untuk taksi dengan  mobil besar (Hyunadai atau Hiaace) muat sampai 7 orang bisa sampai  100 RS untuk satu paket perjalanan pergi dan pulang (PP) dari Masjidil Haram ke Masjid Siti Aisyah.

Taksi seperti ini, biasa mengantar jamah yang akan mengambil miqot terdekat dari Masjidil Haram. Rata-rata mereka menawarkan harga paket PP.

Tips Aman Menggunakan Taksi

Informasi yang dihimpun menyebutkan, ada beberapa tips menggunakan taksi yang bisa anda coba ketika menggunakan taksi.

1. Selalu bawa tanda identitas diri
Bawa selalu identitas diri, seperti KTP kartu nama penginapan dan penanda identitas lainnya. Jadi mencari informasi informasi menjadi lebih mudah, dan anda bisa bertanya kepada para petugas setempat.

2. Selalu ingat ke mana tujuan anda
Selama perjalanan umroh, anda akan mampir ke berbagai negara. Supir taksi yang ada tidak hanya berkewarganegaraan Arab Saudi. Pastikan sang supir tahu lokasi atau tujuan yang ingin kita capai.

3. Buat kesepakatan harga dengan supir taksi
Gunakan taksi seperlunya. Ketahui terlebih dahulu tarif dasar taksi yang ingin anda tumpangi jauh sebelum menaikinya. Jadi anda tidak akan mudah tertipu dengan supir taksi yang nakal, yang kerap kali memberikan tarif yang mahal.

4. Hati-hati dengan supir taksi yang nakal. Ingat, tindak kriminalitas bisa terjadi di mana saja — termasuk di perjalanan umroh nanti. Ada baiknya pula untuk mempelajari teknik bela diri sebelum berangkat umroh. Waspadalah.

5. Bagi para pria, lindungi mahram anda 
Tetaplah bersama mahram atau jamaah lainnya. Jangan sampai terpisah, apalagi tersesat sendirian. Karena tidak menutup kemungkinan kalau taksi yang akan kita ambil adalah pelaku kriminal

6. Utamakan keamanan jamaah wanita
Sebisa mungkin selalu bersama mahram anda ketika menggunakan taksi. Karena jika sendirian akan ada tempat duduk kosong yang memungkinkan masuknya penumpang atau oknum lainnya.

7. Untuk tujuan Masjidil Haram, Gunakan satu tarif bersama.  Anda tak perlu patungan dengan penumpang lainnya untuk membayar taksi.

Anda bisa menggunakan satu tarif bersama yang biasanya seharga 5 sampai 10 real. Lebih baik lagi jika anda cari tahu terlebih dahulu informasi harga tarif taksi di pangkalan taksi di Mekah, 100 meter dari pintu Babul Fahad Masjidil Haram.(helmi/ berbagai sumber)