Angkasa Pura 2

Laporan BeritaTrans dari Makah

Umrah dan Wisata Religi di Kota Makah Arab Saudi

Another News Destinasi KoridorRabu, 31 Januari 2018
makkah-91881944a9441694a25c7b8f92a147f8

IMG-20180129-WA0002

MAKAH (BeritaTrans.com) – Ibadah Haji dan juga Umrah merupakan suatu prosesi ibadah spesial yang ditunggu umat muslim. Mereka   rela antri bertahun-tahun untuk menunaikan

Namun, selain melaksanakan ibadah di Tanah Haram itu,  para jamaah bisa  mengunjungi berbagai objek wisata religi di sekitar Makah Almukarromah, Arab Saudi.

BeritaTrans.com dengan  fasilitas dari Amitra, FIFGROUP  dan  Biro Perjalanan Haji dan Umrah Albilad Universal, ikut diajak menjelajahi beberapa objek wisata religi umat Islam di sekitar Makah.

Selama prosesi ibadah Umrah dan wisata religi di Makah, rombongan Albilad Universal dipandu oleh Ustadz Ratoni dan Ustadz Fauzi. Mereka berdua yang menjelaskan satu persatu objek wisata serta rahasia kebesaran Allah Swt yang pernah diperlihatkan di tempat tersebut.

Diawali dari Kota Makah, Sabtu (28/1/2018) malam tiba di Makah. Tujuan utamanya adalah  Masjidil Haram, tempat paling suci bagi umat Islam karena terdapat Ka’bah. Masjidil Haram termasuk masjid paling populer, dan selalu ramai meski bukan musim Haji.

Di Masjidil Haram yang pertama menunaikan ibadah Umrah, dengan Thowaf mengelilingi Ka’bah serta Sa’i antara Shofa dan Marwa.  Di tempat ini jamaah beribadah dan memanjatkan doa. Tempat ini merupakab salah satu  tempat paling mustajab untuk memanjatkan doa.

Di masjid inilah umat Islam bercita-cita berziarah dan menunaikan ibadah baik Haji atau Umrah. Keduanya merupakan amalan utama dalam Islam.

jabal-tsur-619b03b3fecf0edb1c9eb0850750b7a4

Citytours Makah

Hari kedua di Makah, Minggu (29/1/2018) para jamaah yang tergabung di Albilad Universal diajak melakukan citytours ke beberapa tempat bersejarah di Makah.

Kunjungan pertama  dimulai ke Jabal Tsur, loksinya di sebalah utama Makah. Di puncak bukit batu ini, ada Gua Tsur dulu pernah menjadi tempat bersembunyi Nabi Muhammad Saw dan Abubakar Ashidiq dari kejaran kaum Quraish saat akan hijrah ke Yatsrib atau Madinah.

Di Gua Tsur ini, mereka berdua bertahan sampai tiga malam. Saat itulah, ada mukjizat atau keajaiban dari Allah Swt. Dalam waktu semalam, ada laba-laba yang membuat sarang di mulut gua,  sampai beberapa lapis. Dengan begitu,  bisa menyamarkan kebaradaan Nabi Saw dari pandangan  kaum kafir.

Sarang laba-laba itu masih utuh dan tak mungkin ada orang masuk ke goa tanpa merusak sarang laba-laba itu. Selain laba-laba,  ada juga  burung  merpati yang bertelur dan mengeraminya di mulut Gua Tsur.

Dari dua fenomena tersebut, diyakini orang kafir Nabi Saw tak mungkin masuk dan bersembunyi di gua tersebut. Setelah tiga hari, beliau (Nabi Saw an Abubakar) baru ke Madinah.

IMG-20180129-WA0001
 
Arafah dan Jabal Rahmah

Perjalanan dilanjutkan ke Padang Arafah.  Padang Arafah menjadi salah satu tempat terpenting, dalam ibadah Haji. Arafah menjadi tempat wukuf peserta haji.  Dan tidak sah Haji seseorang tanpa menunaikan Wukuf.

Tempat ini (Padang Arafah) sangat bersejarah dan berkesan yaitu Jabal Rahmah. Di sinilah, Nabi Adam dan Siti Hawa pertama kali dipertemukan kembali setelah dikeluarkan dari surga, yaitu di Jabal Rahmah.

Setelah Adam AS dan Hawa dikeluarkan dari Surga, bertemu lagi setelah 100 tahun lamanya, yaitu di Jabal Rahmah. Di bukit batu itulah yang kini seribg dikunjungi jamaah Haji dan Umrah juga  para wisatawan lainnya saat berkunjung ke Kota Makah.

Jabal Rahmah bukan hanya sebagai tempat berdoa, kamu juga bisa menikmati pemandangan kota dari atas bukit. Sayangnya, tugu monumen di Jabal Rahmah sudah penuh coretan. Kamu jangan ikut-ikutan berbuat vandalisme.

Dari Padang Arafah, perjalanan dilanjutkan ke Masjid Ji’ronah,  perjalanan menuju ke Mina,  tempat jamah Haji melotar Jumrah.

Di Masjid Ji’ronah,  sekaligus menjadi tempat Miqot atau melafalkan niat Haji atau Umrah lengkap dengan pakaian Ihram, yaitu dua lembar kain tak berjahit bagi laki-laki serta pakaian penutup aurat bagi perempuan.

Seperti diketahui, ada tiga empat Miqot sebelum masuk Kota Makah. Selain Masjid Ji”ronah,  ada dua lagi, yaitu Masjid Siti Aisyah atau Tan’in dan Masjid Bir Aly atau Dzulkhulaifah.

gua-hira-49e5caaf53a2c167a1adae20e6f2c993

Jabal Nur
Sambil kembali ke Masjidil Haram, rombongan Umrah melintas di dekat Jabal Nur. Di pubcak Jabal Nur inilah ada Gua hira, tempat Nabi Muhammad Saw  menerima wahyu pertama kali, melalui perantara Malaikat Jibril,  yaitu QS Al Alaq?

Seperti diktetahui, Goa Hira ini berada di puncak Jabal Nur. Jika kamu akan berkunharus menyiapkan fisik yang kuat untuk bisa melihat Goa Hira. Letaknya berada di tebing yang anjakannya cukup curam, walau tidak terlalu tinggi. 

Janna Al-Baqi merupakan objek yang cukup sentimental. Janna Al-Baqi ini merupakan bagian peninggalan dari keluarga, kerabat serta sahabat Nabi Muhammad. Dahulu, orang-orang yang meninggal saat Haji atau Umroh dikuburkan di sini.(helmi)