Angkasa Pura 2

Layanan Helper Bikin Soetta & Husein Lebih Unggul Ketimbang Bandara Changi & Stasiun KAI

BandaraKamis, 1 Februari 2018
2018-01-31 23.58.27

BEKASI (BeritaTrans.com) – Setelah Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), manajemen PT Angkasa Pura II menyodorkan layanan anyar berupa airport helper di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, mulai 15 Januari 2018.

Sebelumnya airport helper melayani pengguna jasa di Terminal 1, 2, dan 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, sejak 1 September 2017.

Semula nama pelayanan ini adalah jasa porter. Perbedaan tajamnya adalah helper tidak mengenakan biaya, bebas uang tip dan dijamin keamanannya. Walau demikian, petugas helper harus proaktif menawarkan jasa memindahkan dan membawa barang penumpang.

Aspek proaktif, gratis dan haram menerima uang tip ini menjadi menjadi antitesis terhadap ‘mahzab’ No Money, No Service. Di dunia bisnis kontemporer, pelayanan added value seperti ini diterapkan oleh banyak korporasi. Contohnya, pelayanan perbaikan kendaraan di Auto 2000 dan AHASS. Konsumen mendapatkan pelayanan gratis cuci kendaraan. Di Auto 2000, konsumen bahkan mendapat makan dan minuman bebas biaya.

Pelayanan tambahan seperti itu sah-sah saja tidak diberlakukan. Apalagi implementasinya berimplikasi terhadap finansial. Ada komponen biaya yang muncul.

Hanya saja pelayanan membutuhkan kecerdasan untuk terus dikelola agar tidak pernah ketinggalan dengan ekspektasi konsumen. Bahkan melampaui batas imajinasi.

Dalam konteks itu maka penyediaan petugas helper merupakan satu langkah dari usaha mulia untuk menanamkan citra bagus dalam perspektif persepsi konsumen. Tidak sekadar customer satisfaction menjadi sasaran, tetapi customer loyalty.

Penyediaan petugas helper di dua bandara tadi juga menjadi sebuah langkah berlari ke luar dari kerumunan. Ketika secara umum bandara di Indonesia dan dunia masih memberlakukan porter bertarif resmi atau tidak resmi, PT Angkasa Pura II melangkah dengan pelayanan petugas helper bebas biaya dan tip.

Petugas helper dididik dan dilatih untuk melayani konsumen. Ketika bekerja dengan pakaian seragam plus topi, mereka terus diawasi agar standar pelayanan tetap terjaga.

Dengan pelayanan petugas helper, dua bandara itu mempertontonkan keunggulan melebihi Bandara Changi, Singapura, yang sejauh ini masih mengoperasikan petugas porter dengan tarif resmi.

2018-01-31 22.54.35

Tidak hanya head to head dengan bandara lain, pelayanan airport helper oleh PT Angkasa Pura II di atas level pelayanan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Ada yang tahu tarif porter di stasiun kereta yang dikelola PT KAI? Pasti tarifnya tak seragam dan tergantung negosiasi antara penumpang dengan petugas porter.

Saat PT Angkasa Pura II bekerja keras dan gradual menempatkan porter sebagai bagian dari masa lalu pelayanan di bandara, di stasiun kelolaan PT KAI masih gegap-gempita petugas porter berlarian dan bersaing mendapatkan permintaan jasa angkut barang.

Fakta memperlihatkan petugas porter bersegera naik ke kereta jarak jauh saat transportasi berbasis rel itu belum sempurna berhenti di stasiun. Juga tampak menghampiri kendaraan yang akan menurunkan penumpang di stasiun.

images

Otoritas Bandara Changi dan PT KAI terbuka kemungkinan untuk mengikuti jejak PT Angkasa Pura II untuk mentransformasi porter menjadi helper, yang bukan sekadar smart service, tetapi juga hospitality service. (Agus Wahyudin).

loading...