Angkasa Pura 2

BBM & Elpiji Dipasok ke Karimunjawa Melalui Pelabuhan Tanjung Emas & Jepara

Dermaga EnergiJumat, 2 Februari 2018
pelabuhan tanjung emas1

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Manajemen PT Pertamina (Persero) menyiapkan berbagai upaya untuk mengirimkan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Elpiji ke Karimunjawa, baik melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang maupun Pelabuhan Jepara.

Unit Manager Communication dan CSR MOR IV Pertamina Andar Titi Lestari mengatakan, dalam pengiriman BBM dan Elpiji Pertamina tetap mengacu pada standar prosedur, keselamatan dan ijin layar dari syahbandar pelabuhan.

“Pertamina akan tetap mengupayakan mana yang tercepat dan teraman untuk mengirimkan BBM dan LPG ke Karimunjawa” kata Andar, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Jumat (2/2/2018).

Menurut Andar, Pertamina MOR IV telah menyiapkan BBM untuk disalurkan BBM ke Karimun Jawa sejak 10 Januari 2018 dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Ini dengan muatan BBM berupa Pertalite 65 kilo liter (Kl), Bio Solar 45 Kl, Dexlite 5 kl, total 115 kl.

“Jumlah tesebut sudah kami optimalkan dari yang sebelumnya disiapkan hanya 75 kl,” ujar Andar.

‎Andar melanjutkan, pengiriman BBM ke Karimunjawa menjadi prioritas Pertamina saat ini, mengingat persediaan BBM di lokasi tersebut sudah menipis dan pengiriman hanya menggunakan Kapal sebagai moda transportasi.

Namun, karena terkendala faktor cuaca, pengiriman yang mengakibatkan belum di terbitkannya Surat Ijin Berlayar oleh Syahbandar Tanjung Emas.

“Koordinasi dengan otoritas pelabuhan Tanjung Mas, Jepara dan Karimun selalu kami lakukan untuk memantau dan memonitor kondisi cuaca hingga mendapatkan ijin layar dari pihak Syahbandar” dia menandaskan. (moy).