Angkasa Pura 2

Balitbanghub Menuju Peningkatan Big Data dan Sistem Digital Transportasi

LitbangKamis, 8 Februari 2018
IMG-20180208-WA0020

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) terus meningkatkan kapasitas dengan mewujudkan Big Data dan Sistem Digital Transportasi yang melibatkan Star Up.

Diawali dengan Pre Focus Group Discussion (FGD) menurut Kepala Badan Litbanghub Umiyatun Hayati Triastuti bertujuan untuk mendapatkan masukan untuk pelaksanaan workshop eksplorasi yang akan dilaksanakan Balitbanghub.

“Ini dalam rangka menyelesaikan quick wins Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terkait pelibatan Star Up untuk peningkatan digitalisasi transportasi,” jelas Kepala Balitbanghub di Jakarta. Kamis (8/2/2018).

Latar belakang dilaksanakannya Pre FGD ini adalah lantaran seiring dengan pertumbuhan teknologi maka terjadi disruptive teknologi yang digerakkan Star Up yang mengakibatkan perubahan bisnis proses.

“Dari proses yang dijalankan business as usual berubah menjadi lebih efisien, memotong prosedur, waktu, dan biaya,” ungkap Kepala Balitbanghub.

Saat ini masalah yang terjadi masalah buruknya pencatatan (digitasi data) pada setiap lini, baik di simpul maupun jaringan transportasi, sehingga perencanaan transportasi hanya berdasarkan data yang minim.

Hal itu juga berlaku pada pengambilan keputusan untuk efisiensi waktu dan penggunaaan big data serta Star Up diharapkan mampu mempermudah kinerja transportasi. (omy)

“Diantaranya untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan transportasi, mengurangi angka kecelakaan, meningkatkan pelayanan transportasi umum atau logistik sehingga meningkatkan kepuasan pengguna dan mengurangi gap supply-deman,” ujar Kepala Balitbanghub.