Angkasa Pura 2

KNKT Berikan Bimbingan Keselamatan Pada PO Sempati Star

Koridor OtomotifSabtu, 10 Februari 2018
IMG-20180208-WA0007

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memberikan bimbingan dan asistensi pembuatan sistem manajemen keselamatan pada PO Sempati Star, di Medan Sumatera Utara.

PO Sempati Star dalam satu tahun sudah terlibat kecelakaan sebanyak 14 kali dan menarik perhatian publik. “KNKT menilai perlu memberikan bimbingan  guna meningkatkan keselamatan dan perbaikan ke depan,” kata Investigator in charge KNKT Ahmad Wildan menjawab BeritaTrans.com di Jakarta, kemarin.

Kegiatan bimbingan KNKT ini, menurut  Wildan, diikuti Direktur sekaligus pemilik PO. Sempati Star beserta jajaran manajemennya. Hadir pula perwakilan dari awak dan mekanik PO Sempati Star.

Ikut hadir Kepala Bidang Perhubungan Darat Provinsi Aceh beserta jajarannya. Mereka adalah para regulator yang selama ini membina PO Simpati Star.

Sementara dari pihak pabrikan dihadiri oleh perwakiilan Scania dan Mercedes Benz di Indonesia. Selain itu hadir juga dari pihak  assosiasi dan DPD Organda.

IMG-20180208-WA0009

Paparan dan Diskusi

Kegiatan berlangsung selama dua hari ini, menurut Wildan meliputu paparan, diskusi dengan manajemen PO Sempati Star di lapangan, diskusi dengan pihak Mercedes Benz dan Scania yang menghasilkan beberapa hal .

Pihak Mercedes Benz dan Scania akan membantu PO Sempati Star dalam membuat manual dan prosedur pemeliharaan dan pengoperasian armada.

“Kemudian melakukan pelatihan untuk mekanik dan pengemudinya (modul sudah dibuat sesuai arahan KNKT dalam bentuk hard copy sehingga bisa dipelajari bersama,” tandas Wildan.(helmi)