Angkasa Pura 2

SEDIAKAN TEMPAT ISTIRAHAT BUAT PENGEMUDI ANGKUTAN WISATA

KoridorMinggu, 11 Februari 2018
IMG-20180211-WA0007

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sopir bus pariwisata  di Indonesia masih sering alami perlakuan yang kurang menyehatkan fisiknya. Bahkan sering memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas termasuk yang berakibat fatal.

“Mereka (sopir pariwisata) kerja melebihi batas waktu yang wajar, 8 jam sehari. Selain itu sopir hus pariwisata juga kurang mendapatkan perhatian. Salah satunya belum adanya empat istirahat yang layak dan cukup,” kata  Kepala Lab Transportasi Unika Soegijopranoto  Semarang Djoko Setijowarno, ST, MT kepada BeritaTrans.com di Jakarta, Sabtu (10/3/2918) malam.

Kasus fatal yang terakhir, lanjut dia, bus pariwisata yang terguling di daerah Subang, Jawa Barat dan menewaskan puluhan penumpangnya.

Data terakhir dari RSUD  Subang, kata Djoko, sebanyak 27 penumpang bus maut tersebut tewas dalam kecelakaan tersebut.

Banyak penyebab yang diduga  menjadi pemicu kasus kecelakaan maut yang menimpa bus pariwisata tersebut. “Salah satunya diduga karena sopir terlalu lelah dan kurang istirahat dalam waktu yang cukup,”  jelas Djoko.

Dia menambahkan, tempat wisata atau tempat menginap para wisatawan juga menyediakan ruang khusus buat pengemudi bus wisata untuk beristirahat.

IMG-20180211-WA0006

Djoko menyarankan, agar sopir bus pariwisata bisa beristirahat  yang cukup. “Tempat wisata atau hotel/ penginapan para wisatawan membantu memgasilitasi menyediakan fasilitas isturahat yang layak bagi  pengemudi bus pariwisata,” tukas Djoko.

Fasilitas tempat istirahat yang cukup bago sopir bus pariwisata, tambah Djoko,
supaya kondisi fisik pengemudi bisa pulih dan tidak mudah mengantuk ketika  mengemudi karena tidak mendapat waktu istirahat yang cukup.

Dengan kondisi kurang tidur di tempat yang kurang layak, seperti di ruang bagasi bus, dalam bus atau di lapangan terbuka.

“Kondisi tersebut jangan sampai terjadi terjadi sekaligus untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas  khususnya bus pariwisata,” tegas Djoko.(helmi)

Foto: doks