Angkasa Pura 2

Aplikasi DO Online Idealnya Dibangun Single Portal

DermagaSenin, 12 Februari 2018
20160408_132556-600x400

JAKARTA (BeritaTrans.com)
-Sistem layanan Delivery Order (DO) Online ke depan idealnya melalui satu single portal sehingga tidak hanya digunakan untuk mendapatkan DO tapi juga Surat Persetujuan Pengeluaran Barang ( SP2B ) dan lain lain.

Tapi untuk sementara ini kendati belum single portal DO Online sudah bisa dilaksanakan untuk barang impor tertentu, khususnya impor non Letter of Credit, kata Sunarno , pengurus INSA Jaya kepada BeritaTrans.com Senin (12/2/2018).

Sementara itu Direktur Operasi dan Sistem Informasi Pelindo II Prasetyadi dihubungi terpisah mengatakan kita sudah rapat koordinasi di kemenhub belum lama ini untuk memantapkan persiapan penerapan DO Online.

Prasetaydi mengatakan setelah DO Online jalan nanti tahap berikutnya Sistemnya kita tingkatkan menjadi Single Portal, katanya.

Dia mengakui barang impor yang DO nya bisa dilakukan secara online baru transaksi impor non L/C (Seaway B/L), katanya.

Kepala Otoritas (OP) Pelabuhan Tanjung Priok Arif Toha ditanya apakah akan menggelar pelatihan untuk cargo owner dan shipping line menjelang penerapan DO Online ? Arif mengatakan sudah dilakukan tahun 2017.

Menurut catatan BeritaTrans.com April 2017 sebanyak 69 wakil perusahaan pelayaran, cargo owner, forwarding dan asosiasi terkait sudah mengikuti pelatihan tentang cara penggunaan aplikasi DO Online yang digelar anak perusahaan Pelindo II Indonesia Logistic Cummunity Service (ILCS), sebagai provider DO Online.

ILCS rencananya kembali akan menggelar pelatihan kepada pihak terkait di masa mendatang ini, kata Adelia. (wilam)