Angkasa Pura 2

Mahasiswa ITB Diajak Berperanserta Kembangkan Penerbangan

Bandara KokpitSenin, 12 Februari 2018
IMG-20180212-WA0007

IMG-20180212-WA0008

BANDUNG (BeritaTrans.com) – Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) diajak untuk mengembangkn penerbangan nasional. Hal itu disampaikan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso dalam acara diskusi panel Menggali Potensi Penerbangan Indonesia pada hari ini di Aula Barat kampus ITB di Bandung.

Menurutnya, kampus sebagai tempat berkumpulnya para intelektual juga merupakan agent of change bagi sebuah masyarakat. Para intelektual tersebut diperlukan untuk melakukan penelitian dan juga karya nyata dibidang penerbangan sehingga nantinya bisa melakukan pengembangan atau perubahan dari sesuatu hal yang saat ini sudah ada di masyarakat.

“Ada beberapa hal yang bisa dilakukan baik itu terkait teknologi kedirgantaraan maupun sektor transportasi udara. Contohnya, saat ini kita sedang mengembangkan pesawat buatan anak negeri yaitu pesawat N219 Nurtanio. Seharusnya kita juga bisa melakukan riset rancang bangun pesawat lain yang tepat untuk geografis Indonesia sebagaimana N219 itu,” papar alumnus ITB angkatan 1978 itu di Bandung, kemarin (11/2/2018).

Selain teknologi penerbangan, kata dia, civitas academica ITB juga bisa ikut melakukan penelitian atau riset terkait Sub Sektor Transportasi Udara lainnya. Misalnya melihat dan meneliti potensi wilayah-wilayah di Indonesia yang bisa dikembangkan dengan membangun bandara, baik itu di wilayah daratan maupun perairan.

“Potensi sektor penerbangan di Indonesia itu sangat besar dan menunggu untuk lebih ditumbuhkembangkan. Sebagai negara yang secara geografis adalah kepulauan, maka sektor penerbangan itu suatu keniscayaan, baik untuk transportasi penumpang maupun barang (kargo) dari satu pulau ke pulau lain dengan selamat, aman, nyaman dan cepat,” ungkapnya. (omy)

loading...