Angkasa Pura 2

Pelaksanaan Rekomendasi KNKT Harus Dipantau Lebih Ketat

KoridorSenin, 12 Februari 2018
IMG-20180212-WA0005

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Rekomendasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menurut Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda, dan Keselamatan Transportasi Cris Kuntadi harus dipantau lebih ketat lagi.

“Salah satunya terkait keselamatan transportasi jalan, jangan sampai hanya menjadi masukan saja tanpa ditindaklanjuti,” jelas Cris kepada BeritaTrans.com, Senin (12/2/2018).

Dalam memberikan rekomendasi juga perlu pencantuman sanksi dalam perundang-undangan bagi pihak yang tidak melaksanakan rekomendasi KNKT.

“Selanjutnya, juga perlu audit kinerja oleh Itjen Kemhub dan/atau BPK RI untuk memastikan pelaksanaan tugas KNKT telah dilaksanakan secara efektif, efisien dan ekonomis,” papar dia.

Cris juga menyoroti pentingnya Ramp check terhadap kendataan umum dan harus lebih digiatkan dan kendaraan yang tidak layak tidak diperkenankan jalan, bukan hanya ditilang tetapi masih bisa beroperasi.

Keberadaan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) di daerah menurutnya juga sangat positif untuk pelaksanaan penjagaan keselamatan transportasi darat.

“Termasuk ikut menindaklanjuti dan mengawasi rekomendasi KNKT,” pungkas Cris. (omy)