Angkasa Pura 2

Ini Daftar Tragedi di Tanjakan Emen

KoridorSelasa, 13 Februari 2018
tanjakan-emen-3

SUBANG (BeritaTrans.com) – Kecelakaan maut yang terjadi di Tanjakan Emen, Subang, Jawa Barat, pada 10 Februari 2018 yang menewaskan puluhan korban jiwa menambah panjang deretan kecelakaan yang terjadi di tempat yang sama.

Sebelumnya berbagai kecelakaan juga pernah terjadi di sana, berikut di antaranya:

Situs kotasubang.com mencatat pada Minggu (2/4/2017) sekitar pukul 09.30 WIB kecelakaan beruntun terjadi di Tanjakan Emen Subang.

Menurut keterangan Kanitlaka Polres Subang, Iptu Zainudin kecelakaan ini terjadi disebabkan kendaraan mini bus Isuzu dengan nomor polisi B 7085 KDA melaju dari arah Bandung menuju Jakarta melalui Subang menabrak sepeda motor CBR yang datang dari arah berlawanan.

Setelah itu kendaraan mini bus hilang kendali, terguling lalu menabrak mobil X – Trail dengan nomor polisi B1759 FKJ dan motor. Akibatnya pengendara motor CBR tewas seketika di lokasi kejadian.

Sabtu (2/8/2014) bus Pariwisata Duta Pribumi Transport mengalami kecelakaan sekitar pukul 10.00 WIB. Bus yang melaju dari Bandung dengan tujuan Ciater tersebut mengangkut 60 orang penumpang.

Diduga karena rem blong, bus kemudian oleng dan menabrak motor yang ada didepannya. Bus tersebut kemudian terperosok ke dalam sungai di bawah jembatan Emen.

Satu orang pengendara motor, Agus Nurmaludin, warga Kampung Marga Mukti, Sumedang, meninggal dunia karena tertabrak oleh bus.

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Tanjakan Emen Jalan Cicenang, Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat, Selasa (17/6/2014). Delapan orang meninggal dunia, sementara korban luka-luka mencapai 17 orang.

Menurut keterangan Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompul, kecelakaan itu melibatkan bus pariwisata yang mengangkut siswa SMA Nurul Huda Cengkareng, dengan nomor polisi B 7529 YB. Bus datang dari arah selatan atau Tangkubanperahu menuju arah Subang.

Bus pariwisata Dian Mitra terguling di Tanjakan Emen, Tangkuban Parahu (Tangkuban Perahu), Subang, Jawa Barat, Senin (1/10/2012). Bus yang membawa wisatawan asal Taiwan ini terguling diduga akibat rem blong saat keluar dari kawasan wisata Tangkuban Parahu menuju Ciater.

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 11.30 WIB tersebut mengakibatkan tiga orang wisatawan asing dan seorang pemandu WNI meninggal dan 16 orang luka berat dan ringan.

Kecelakaan di Tanjakan Emen 1/10/2012
Sebuah bus mikro yang mengangkut wisatawan asing asal Belanda, Belgia, dan Srilangka terbalik dan menabrak tebing di tanjakan Emen Jln. Raya Bandung-Subang, Jumat (7/10/2011) pukul 11.00 WIB.

Dalam peristiwa itu tiga penumpang bus dilaporkan tewas di tempat, 9 mengalami berat, dan 2 penumpang lainnya menderita luka ringan. Dugaan sementara bus mengalami rem blong, sehingga sopir tidak bisa mengendalikan kendaraannya.

Pada 26 September tahun 2009, terjadi kecelakaan tunggal yang melibatkan bus PO Parahyangan di tanjakan Emen, Desa Cicenang Kecamatan Jalan Cagak Kabupaten Subang. Sebanyak delapan orang tewas dalam kecelakaan tersebut.