Angkasa Pura 2

Yuk Intip Lebih Dekat Tugas Awak Pesawat

Bandara Kokpit SDMSelasa, 13 Februari 2018
_DSC00188 copy

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Naik pesawat udara, tentu kita akan berhadapan dengan pramugari dan pramugara yang siap menyapa dan melayani penumpangnya.

Lalu sebenarnya apa saja sih tugas dan fungsi Pramugari-Pramugara atau awak kabin selama di pesawat?

Sesungguhnya mereka adalah awak pesawat yang melakukan kegiatan terkait dengan keselamatan penerbangan dan penumpang, serta tugas-tugas lain yang diberikan oleh operator atau pilot sebagai pimpinan dalam pesawat.

Salah satu tugas awak pesawat terkait keselamatan penerbangan yang sering kita lihat adalah memberikan peragaan penggunaan alat-alat keselamatan penerbangan sebelum pesawat lepas landas.

Contoh lainnya adalah pada saat memberikan instruksi untuk mematikan ponsel pada saat berada di dalam pesawat, menegakkan kursi, membuka jendela, dan sebagainya. Instruksi ini semua terkait dengan keselamatan penerbangan.

Tugas utama lainnya yaitu menjadi pemandu penumpang pada saat terjadinya krisis. Misalnya saat terjadi emergency pesawat, pramugari bertugas memandu dan memberikan arahan agar penumpang tidak panik dan mengikuti jalur evakuasi menuju tempat yang aman, dengan waktu yang singkat, untuk menghindari jatuhnya korban.

Untuk itu penumpang harus memerhatikan semua instruksi yang diberikan oleh awak pesawat agar keselamatan selama penerbangan dapat terjamin.

IMG_20180208_111409

Dasar Aturan Awak Pesawat

Tugas-tugas awak pesawat tersebut telah diatur dalam peraturan internasional dan nasional terkait keselamatan penerbangan, yaitu Annex 5 part cabin crew, Annex 6 part authority requirements for air crew dan Annex 7 part Organisation requirements for air crew dari Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) serta Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 16 Tahun 2010 tentang Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS) Bagian 63 (Civil Aviation Safety Regulations (CASR) Part 63) tentang Persyaratan Personel Pesawat Udara Selain Penerbang dan Personel Penunjang Operasi Pesawat Udara.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Agus Santoso menyatakan bahwa Keselamatan Penerbangan merupakan salah satu tugas penting pramugari selama proses penerbangan berlangsung, dimulai dari penumpang masuk ke dalam pesawat sampai dengan ke luar pesawat.

“Pramugari harus dibekali dengan pelatihan tugas-tugas terkait keselamatan penerbangan, sehingga pramugari yang telah mendapatkan pelatihan akan diberikan sertifikat resmi oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara selaku regulator penerbangan nasional,” ujar Agus beberapa waktu lalu.

Selain keterampilan yang diberikan pada saat pelatihan, mereka juga dibekali dengan perlengkapan keselamatan penerbangan.

“Seperti peralatan P3K, jaket pelampung dan pakaian yang sesuai dengan standar keselamatan penerbangan,” ungkapnya. (omy)