Angkasa Pura 2

Dishub Kab. Ciamis Bersama Taruna PKTJ Tegal Gelar Event Saba Sakola 2018

Koridor SDMRabu, 14 Februari 2018
IMG-20180214-WA0005

IMG-20180214-WA0018

CIAMIS (BeritaTrans.com) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis  Jawa Barat (Jabar) bersma taruna PKTJ Tegal mempunyai salah satu cara yang ampuh yaitu Saba Sekola. Kegiatan ini dimaksudkan untuk sosialisasi dan meningkatkan keselamatan di jalan raya.

“Saba Sakola ini merupakan satu kegiatan sosialisasi tentang tertib dan selamat berlalu lintas pada kalangan pelajar yang dikemas dengan berbagai  acara menarik. Kegiatan ini dilakukan setiap tahun kisaran bulan Februari – April dan  pelaksanaannya dari tahun ke tahun terus mengalami perbaikan,” kata  Edy Yulianto, Sekdis Dishub Kab. Ciamis, Rabu (13/2/2018).

Keselamatan dalam berlalu lintas merupakan hal yang sangat penting untuk menekan angka kecelakaan yang semakin meningkat. Berbagai kecelakaan lalu lintas yang terjadi dewasa ini disebabkan oleh beberapa faktor dan perlu dilalukan suatu pencegahan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

“Perlu kita ketahui bersama, hal  paling utama untuk mencegah ataupun mengurangi tingkat keparahan kecelakaan lalu lintas adalah dengan meningkatkan keselamatan pengguna jalan,” jelas Edy.

Games Atraktif dan Pengembangan Bakat

Kegiatan Saba Sakola dikemas dengan berbagai acara diantranya sosialisasi keselamatan lalu lintas, game interaktif yang berhubungan dengan keselamatan lalu lintas, penampilan ekstrakulikuler yang dapat digunakan untuk ajang pengembangan bakat dari suatu sekolah dan yang sangat dibutuhkan oleh pelajar sekolah.

“Mereka bisa menghafal cepat yang nantinya akan didatangkan seorang pelatih khusus untuk mengenalkan apa itu menghafal cepat dan bagaimaan cara menghafal cepat,” papar Edy lagi.

Tahun sebelumnya Saba Sakola ini dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis. Namun pada tahun 2018 sedikit berbeda pelaksanaannya dengan tahun lalu, karena ada tambahan personil dan daya tarik yang lebih.

“Dishub Kabupaten Ciamis dijadikan tempat Praktek Kerja Profesi (PKP) oleh Taruna Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal sehingga untuk pelaksanaan Saba Sakola 2018 akan ditemani oleh Taruna PKTJ Tegal TIM PKP Kabupaten Ciamis,” tukas Edy.

“Kami siap membantu dan melancarkan pelaksanaan Saba Sakola yang dilakukan Dishub Kabupaten Ciamis. Jauh sebelumnya sudah membuat desain pamphlet dan poster untuk mempromosikan dan mempublish kegiatan ini,”  tandas Gede Tantara, Ketua Tim PKP PKTJ di Ciamid.(gde/hel)