Angkasa Pura 2

Ditjen Perkeretaapian Optimistis 3 Quick Wins Segera Terealisasi

EmplasemenKamis, 15 Februari 2018
IMG-20180215-WA0092

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan optimistis tiga quick wins yang ditugaskan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dapat terealisasi sesuai target yakni akhir Februari 2018 atau dua bukan sejak ditetapkan.

Program quick wins tersebut menurut Dirjen Perkeretaapian Zulfikri, diantaranya penutupan cikal bakal perlintasan sebidang kereta api (KA), Pemberian sertifikat SDM KA, dan Penertiban jalur KA Bandara Soekarno Hatta.

“Kami menargetkan 300 cikal bakal perlintasan sebidang dapat ditutup, 2.000 sertifikat dapat dibagikan, dan penertiban jalur KA Bandara,” tutur Zulfikri di Jakarta, Kamis (15/2/2018).

Saat ini ditambahkan Direktur Keselamatan Perkeretaapian Edi Nursalam, pihaknya terus mendorong realisasi penutupan cikal bakal perlintasan sebidang dan sertifikat.

Sejak Januari 2017 hingga 14 Februari
2018 dari 9 DAOP dan 4 Divre realisasi penutupan cikal bakal perlintasan telah selesai sebanyak 211. Progres hingga 1 Maret 2018 sebanyak 93, sehingga total 304 yang akan ditutup.

“Kami memulai dari cikal yakni perlintasan-perlintasan yang kecil dan biasanya dilalui orang atau pesepeda motor. Bila dibiarkan maka akan semakin besar dan bisa dilalui mobil,” tuturnya.

Pada cikal pintu perlintasan sebidang itu, kata dia, dilakukan penutupan dan membenahan pada jalur KA. Seperti peleburan jalan yang sudah diaspal oleh masyarakat setempat.

“Bila terealisasi hingga 300 penutupan cikal perlintasan KA maka ini merupakan rekor dan bisa masuk Rekor MURI,” ujar Edi. (omy)

loading...