Angkasa Pura 2

Prasetyadi: Terminal NPCT 2 & 3 akan Dioperasikan Secara Otomatis

DermagaKamis, 15 Februari 2018
CizC32DUoAAjNen-600x400

JAKARTA (BeritaTrans.com)
-Pelabuhan Petikemas New Priok Container Terminal (NPCT 2 dan 3) Kalibaru yang dijadwalkan selesai akhir 2019 akan dioperasikan secara otomatis ( Fully Automated Terminal) seperti di Pelabuhan Rotterdam, Belanda.

Direktur Operasi dan Sistem Informasi Pelindo II Prasetyadi dihubungi via telepon Rabu (14/2/2018) mengatakan design pola operasi terminal tersebut dipercayakan kepada konsultan asal Belanda yang merancang pola operasi di Pelabuhan Rotterdam.

Prasetyadi mengtakan pengoperasian terminal secara otomatis penuh akan berdampak baik pada kecepatan bongkar muat kontainer sekaligus mengurangi risiko kecelakaan kerja. Karena semua kegiatan bongkar muat dilakukan di control room. “Tidak ada lagi orang di lapangan,” tuturnya.

“Kalau sekarang ini semua peralatan bongkar muat masih dioperasikan operator, tapi nanti semuanya digerakkan secara otomatis di control room,” ujarnya.

Bahkan, tambahnya, truk terminal
yang mengangkut kontainer dari sisi dermaga ke lapangan penumpukan nantinya dioperasikan tanpa awak atau Automatic Guidance Vehicle (AGV).

“Pekerjaan Tally (pencatat) petikemas saat bongkar muat akan digantikan dengan “camera” tidak perlu lagi tally man,” ujarnya.

Menurut Prasetyadi, pola operasi Terminal NPCT 2 dan 3 lebih canggih dari Terminal Teluk Lamong yang masih semi otomatis. (wilam)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari