Angkasa Pura 2

Tips Memilih Bus Pariwisata Yang Aman dan Selamat dari KNKT

Destinasi Koridor OtomotifKamis, 15 Februari 2018
IMG-20180213-WA0016

JAKARTA (BeritaTrans.com) –  Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memberi panduan  ke masyarakat agar lebih  teliti dan  pintar memilih armada bus wisata yang berkeselamatan. Masyarakat perlu memperhatikan kondisi dari aspek keselamatan bus pariwisata yang akan disewanya.

Semua itu seperti yang tertuang dalam buklet KNKT  “Tip Memilih Bus Wisata Yang Berkeselamatan”  yang  sudah dua minggu lalu diluncurkan.

“Buklet ini kita akan sebarkan di sekolah sekolah dan travel pengelola wisata,” ujar Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono, Rabu (14/2/2018).

Menurutnya, masyarakat harus jeli dan tanggap terhadap dua faktor dalam menentukan bus saat hendak berwisata, baik kendaraannya maupun faktor pengemudinya. Itu tidak lain guna meminimalisi hal-hal yang tidak diinginkan dalam berkendara.

“Seperti kondisi bannya, handbrake, speedometernya berfungsi, lampu-lampunya, sabuk pengaman, bodynya tidak kropos dan dikengkapi kotak P3K . Sedang supirnya dipastikan ada cadangannya dan dalam kondisi sehat,” urainya.

Dipantau dan Dievaluasi

Aplikasi dan penyebaran buklet itu, menurut  Soerjanto, tentu akan dilakukan pantauan sebagai upaya memastikan efektifitasnya sehingga apa yang telah terjadi seperti kecelakaan di Ciloto, Cimahi maupun yang baru-baru ini di Subang dapat dihindarkan.

“Pasti akan dievaluasi efektifitasbya agar kecelakaan bus wisata tidak terulang kembali,” jelasnya.

Disamping itu, kelengkapan administrasi kendaraan dan pengemudi perlu dipastikan tidak ada masalah. Seperti, masa berlaku dan Kesesuaiannya yang meliputi buku uji berkala, STNK dan SIM.

“Kelaikan kendaraan dan pengemudi adalah wujud wisata yang menyenangkan. Jangan sampai  lengah apalagi memilih bus pariwisata sembarang sehingga bisa memicu celaka dan menelan korban jiwa,” pungkas Soerjanto.(helmi)