Angkasa Pura 2

Tingkatkan Kompetensi SDM Perkeretaapian, Kemhub Jemput Bola

Emplasemen SDMSabtu, 17 Februari 2018
IMG-20180215-WA0094

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Tingkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) perkeretaapian, Kementerian Perhubungan jemput bola.

Hal itu dilakukan menurut Direktur Keselamatan Ditjen Perkeretaapian Edi Nursalam, mengingat pengujian dan jadwal tugas SDM perkeretaapian kerap berbenturan waktunya.

“Pengujian selama ini dilaksanakan di Balai Pengujian di Bekasi, namun kami juga memberikan kemudahan melalui jemput bola,” ungkap Edi di Jakarta belum lama ini.

Pemerintah tidak ingin SDM perkeretaapian tidak memiliki sertifikat kompetensi atau bekerja dengan sertifikat yang sudah mati atau habis masa berlakunya. Tahun ini ditargetkan Kemhub mengeluarkan 8.000 Sertifikat. Diawali 2.000 sertifikat pada awal Maret 2018.

Sertifikat diberikan untuk kompetensi SDM Awak Sarana Perkeretaapian, Tenaga perawatan, Tenaga pemeriksa, dan Penjaga Jalur Lintasan.

Hingga 14 Februari 2018 lalu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai salah satu operator perkeretaapian telah mengajukan 2.126 orang pegawainya untuk mengikuti proses sertifikasi.

“Dari jumlah tersebut, 1.637 orang lulus verifikasi berkas untuk kemudian lanjut pada tahapan pengujian. Sedangkan 489 orang dinyatakan tidak lulus verifikasi berkas,” ujarnya.

Kemudian dari jumlah 1.637 orang tersebut, 1.550 orang telah dipanggil untuk mengikuti ujian, tetapi hanya 1.435 orang yang menghadiri ujian tersebut. Dari sejumlah orang yang hadir mengikuti ujian terdapat 1.172 orang SDM Perkeretaapian yang dinyatakan lulus, sedangkan 95 orang dinyatakan tidak lulus.

“Kami mengingatkan agar pembuatan sertifikasi kompetensi SDM perkeretaapian dibuat sebelum masa berlakunya habis,” pungkas Edi. (omy)

loading...