Angkasa Pura 2

Pesona Alam Semarang dan  Ruas Tol Yang Membelah Bukit  Nan Indah

Destinasi KoridorRabu, 21 Februari 2018
IMG-20180120-WA0008

IMG-20180120-WA0011

SEMARANG (BeritaTrans.com) – Kota Semarang mempunyai segudang objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Baik wisata sejarah,  religi, perjuangan sampai pesona alam yang sangat indah mengesankan.

Mereka itu antara lain kawasan  KotaTua Semarang,  Kuil Sampokong, Masjid Agung, Gudung Lawang Sewu, Gua Kiskenda, Patung Soeharto  dan lainnya.

Yang tak kalah menarim adalah pesona alam sepanjang jalan tol Semarang, Bawen sampai exit tol Salatiga. Semua menawarkan pemandangan alam yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Bukan hanya pengunjung baru di Kota Semarang, tidak sedikit  putra asli daerah yang sudah lama meninggalkan Kota Lumpia itu menjadi terkagum-kagum dan takjub akan pemandangan alam saat melintasi ruas tol Semarang-Ungaran sampai Bawen dan Salatiga.

IMG-20180120-WA0010

Tol Membelah Bukit

Memasuki pintu tol Semaran-Ungaran, pengunjung akan disuguhi pamandangan alam dengan bukit-bukit hijau nan indah dengan latar belakang Gunung Ungaran yang hijau menawan.

Sepanjang ruas tol menuju Ungaran dan Bawen,  ruas tol Trans Java itu bak jalan membelah bukit. Ruas tol yang ada menyambungkan  puncak bukit satu dengan lainnya.

Kanan kiri ruas tol menghampar lembah  dan ngarai serta diselingi hutan pinus yang indah dan menawan. Pada pagi hari,  bebukitan yang ada dibalut kabut tipis serta udara sejuk dan bersih khas pegunungan.

Di tengah perjalanan, ada rest area dan bisa dijadikan sebagai photobooth khusunya bagi pecinta photografy. Pengujung bisa sekalian minum kopi atau teh hangat di kedai yang ada. Paling tidak mengisi bahan bakar kendaraan yang ditumpangi di SPBU yang siap melayani konsumen selama 24 jam  sehari.

Pemandangan alam yang indah di pagi hari bahkan saat mentari mulai menampakkan sinarnya menjadikan kawasan perbukitan  di sekitar Ungaran, ibukota Kabupaten Semarang itu makin indah menawan.

Banyak pelancong atau komunitas kendaraan tua seperti Suzuki Jeep Indonesia (SJI), Komunitas Land Rover,  Katana Fans Club dan lainnya sengaja berhenti di rest area yang mempunyai pandangan alam yang indah itu.

Tol Bawen-Salatiga

Exit Tol Salatiga dan Merapi-Merbabu

Sementara, di unjung exit tol Salatiga juga  tak kalah menarik pemandangan alamnya. Exit tol di Kecamatan Tingkir Kota Salatiga  itu tampak indah dengan latar belakang Gunung Merbabu yang menghijau di pagi hari.

Pelancong yang melintasi exit tol Salatiga dari pagi sampai siang, jika tidak mendudung atau berkabut bisa menyaksikan panorama indah di sisi  timur Gunung Merbaru. Rona hijau dan alur sungai dan anak Gunung Merbabu tampak nyata di pagi hari.

Sementara, di bagian selatan terlihat puncak Gunung Merapi yang aktif dan selalu mengepulkan asap dan tampak indah di pagi siang hari. Gunung Merapi dan Merbabu menjadi salah satu icon Provinsi Jawa Tengah.

Semua itu diabadikan dalam novel karya Arswendo Atmowiloto dengan gaya bahasa apik dan layak untuk dibaca.(iskandar helmi)

loading...