Angkasa Pura 2

Tak Laksanakan Peraturan, RA Terima Sanksi Ditjen Perhubungan Udara

Bandara KokpitJumat, 23 Februari 2018
IMG-20171002-WA0058

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Bila taj melaksanakan peraturan dengan baik sesuai ketentuan, menurut Direktur Keamanan Penerbangan Ditjen Perhubungan Udara M Nasir Usman, maka Regulated Agent (RA) yang bertugas mengawasi kargo udara, akan menerima sanksi.

“Kami tidak akan segan-segan memberikan sanksi tegas kepada RA yang tidak melaksanakan aturan dengan baik,” tegas Nasir di Jakarta, Jumat (23/2/2018).

Sejak tahun 2016, menurutnya, sudah ada tiga RA yang dibekukan operasi selama enam bulan, diperbaiki standar prosedur operasinya serta personelnya diperiksa dan dilatih kembali.

Bahkan ada personel yang diberhentikan dan tidak boleh lagi menjadi petugas di bidang Regulated Agent. Ketiga RA tersebut masing-masing dua dari Surabaya dan satu dari Jakarta.

“Ditjen Perhubungan Udara sebagai otoritas penerbangan nasional memang hanya mengawasi terkait regulasi, SOP dan personel saja. Sedangkan sisi bisnisnya seperti misalnya terkait biaya pemeriksaan dan sebagainya, diserahkan langsung kepada perusahaan RA beserta perusahaan ekspedisi dan maskapai penerbangan sebagai penggunanya,” paparnya.

Semua berjalan sesuai prinsip business to business masing-masing perusahaan, namun tidak boleh mengabaikan peraturan yang berlaku pada keamanan kargo udara. (omy)