Angkasa Pura 2

Candi Gedong Songo dan Rawa Pening  Ikon Wisata Kab. Semarang

Destinasi KoridorSabtu, 24 Februari 2018
images-9

images-8

UNGARAN (BeritaTrans.com) – Pergi melancong ke Semarang dan Jawa Tengah belum lengkap  jika belum berkunjung ke Candi Gedong Songo serta  Rawa Pening yang indah dan menawan di Kabupaten Semarang itu.

Dari Kota Semarang, jika ingin melanjutkan wisata alam dan sejarah bisa melanjutkan perjalanan ke Candi Gedong Songo, bisa di tempuh dengan perjalanan darat sekitar 1.5 jam.

Kini banyak alternatif angkutan menuju Candi  Gedong Songo. Bisa ditempuh dari Semarang atau Kota Ambarawa. Jika ingin cepat bisa naik taksi atau taksi online yang bisa dipesan setiap saat.

Candi Gedong  Songo atau sembilan itu menjadi icon wisata Kab. Semarang. Candi itu disebut Candi Gedong Songo, karena jumlahnya sembilan buah. Sepanjang jalan dari candi pertama sampai ke sembilan pengunjung bisa melintasi kebun sayur dan warga sekitar yang tengah bercocok tanam.

suasana-candi-songo-semarang

Di sini, ada beberapa titik kawah yang selalu mengepulkan asap dan air mendidih dengan aroma belerang yang menyengat.  Kondisi makin nyaman saat disapu angin sepoi-sepoi khas pegununhan.

Jika mau, ada tempat pemandian air hangat bercampur belerang sehingga cocok dan bisa menyembuhkan aneka penyakit kulit seperti panu, kadas, kudis, kurap dan lainnya.

Untuk mengelilingi Candi Gedong Songo bisa ditempuh dengan jalan kaki. Bisa juga dengan menyewa kuda tunggang yang ditawarkan warga sekitar. Jika masih takut, akan dipandu dan kuda dituntun oleh pemiliknya.

Jika ingin bermalam di Semarang, Ungaran sampai Bawen dan Salatiga juga tersedia hotel, losmen sampai wisma yang disewakan  dengan harga bersaing. Pengunjung bisa booking dulu jika ingin aman dan dipastikan mendapat kamar.

images-10

Bukit Cinta dan Rawa Pening

Ada pula Kawasan Wisata Rawa Pening, dengan penuh cerita legenda dan misteri yang menyelikutinya. Yang pasti, Rawa Pening masih dianggap keramat oleh warga sekitarnya.

Di sisi selatan Rawa Pening ada Taman Bukit Cinta  yang indah. Pengunjung bisa duduk santai, bercanda atau main air dan menyewa perahu dayung di pinggiran Rawa Pening tersebut.

Selain pemandangan indah bebukitan dan Gunung Telomoyo yang indah, jajaran bukit yang mengelilingi Rawa  Pening menjadi panorama yang elok dan sayang untuk dilewatkan.

Tak jauh dari Taman Bukit Cinta, ada kolam pemandian Muncul. Kolam renang dengan air alam yang bersih dan dingin ini menjanjikan pengalaman tak terlupakan. Pengunjung hanya dipungut sewa masuk yang tidak terlalu mahal bisa main air sepuasnya.

Bagi mereka yang hobi mancing, di daerah Muncul ada wahana pemancingan yang baik dan murah  harganya. Jika ingin murah dan gratis, pengunjung bisa mancing di aliran sungai dengan koleksi ikan air tawar yang banyak.

Sungai yang bermuara di Rawa Pening itu bisa dipancing ikannya dengam enak dan nyaman. Dan masi banyak lagi varian wisata alam dab sejarah di daerah Rawa Pening dab sekitarnya.(helmi)