Angkasa Pura 2

Minggu Depan, Kemhub Mulai Sosialisasi Mudik Gratis Dengan Kapal Laut

Dermaga KoridorSabtu, 24 Februari 2018
image1

PONTIANAK (BeritaTrans.com) – Mulai minggu depan,  Kementerian Perhubungan (Kemhub) akan memulai sosialisasikan mudik gratis dengan kapal laut.  Pemerintah akan mengoptimalkan fasilitas dan pelayanan  mudik gratis terutama dengan kapal laut.

“Pemerintah ingin sekali mudik tahun ini tambah baik. Kita selalu dikatakan bangsa maritim tetapi minatnya belum maksimal. Saya akan tugaskan Dirjen Perhubungan Laut untuk sosialisasikan ini,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi di Pontianak, Jumat (23/2/2018).

“Hari ini saya memastikan semua kapal ini akan selesai pada bulan April 2018. Kapal-kapal ini akan kita pergunakan untuk mudik gratis pada lebaran 2018. Oleh karenanya dalam kesempatan ini saya mengimbau masyarakat untuk menggunakan mudik gratis terutama yang Jakarta-Semarang, Jakarta-Surabaya dengan kapal,” terang Menhub.

Dikatakan mudik gratis dengan kapal laut,  tidak hanya untuk mengangkut orang tapi juga untuk mengangkut motor. Kapasitasnya lebih besar dan tingkat keselamatan tinggi dibandingkan mudik dengan sepeda motor.

Bangun 70 Kapal Perintis

Seperti diketahui, Kemhub tengah membangun 70 Kapal yang terdiri dari 50 Kapal Perintis penumpang dan 20 Kapal Barang. Progres pembangunannya sendiri sudah mencapai 80% dan akan selesai pada bulan April 2018.

“Jika kita gunakan 10 kapal dari 50 kapal, sekali angkut 4 ribu orang. Kalau kita bisa 4 kali angkut berarti bisa 16 ribu orang. Motor sekali angkut bisa sebanyak 500, kalau 10 kapal bisa mengangkut 5 ribu motor,” tukas Menhub.

Untuk diketahui, Kemhub mengeluarkan anggaran sebesar Rp53 mukuar per kapal untuk Kapal Perintis 1200 GT, dan Rp. 73 M/kapal untuk Kapal Perintis 2000 GT.

Turut hadir dalam kunjungan Menhub ke Pontianak Inspektur Jenderal Kemenhub Wahju Satrio Utomo, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Dwi Budi Sutrisno, Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Pontianak Capt. Bintang Novi dan Kepala Distrik Navigasi Pontianak Hendaviny Kartomo. (helmi)