Angkasa Pura 2

Bersihkan Pelabuhan Labuan Bajo Wujud Dukung RAN Penanggulangan Sampah Plastik

DermagaSelasa, 27 Februari 2018
IMG_20180227_085540

IMG_20180227_102645

LABUAN BAJO (beritatrans.com) – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan memulai program padat karya 2018 di Pelabuhan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, hari ini, Selasa (27/2/2018).

“Program ini selain untuk pemberdayaan masyarakat, juga sebagai bentuk dukungan Ditjen Hubla tehadap Rencana Aksi Nasional (RAN) penanggulangan sampah plastik,” kata Direktur Perkapalan dan Kepelautan M Junaidi saat mendampingi Sekretaris Jenderal Perhubungan Laut Capt. Rudiana membuka acara kegiata program padat karya di Kantor Unit Pebyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Labuan Bajo.

Menurutnya program padat karya membersihkan lingkungan pelabuhan diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam merealisasikan program nasional Indonesia bebas sampah.

“Targetnya pada akhir 2025, pemerintah akan mengurangi 70 persen sampah plastik,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa sampah plastik di laut telah mengancam kehidupan ikan, mamalia, burung laut, dan terumbu karang di dunia. Parahnya lagi, lanjutnya, sampah plastik laut telah membanjiri pantai yang indah, tujuan wisata dan bahkan pulau-pulau terpencil.

“Apalagi pada Oktober 2018 mendatang, Annual Meeting International Moneter Fund-World Bank di Bali. Sebagian delegasi mereka akan berkunjung ke Labuan Bajo,” katanya.(aliy)

loading...