Angkasa Pura 2

Pertamina Bisa Jual BBK Lebih Murah, Puskepi: Pemerintah Harus Dukung Agar Tetap Survive

Energi KoridorRabu, 28 Februari 2018
IMG-20180226-WA0062

JAKARTA (BeritaTrans.com) – PT Pertamina yang menjual harga bahan bakar khusus (BBK) di bawah harga jual yang ditetapkan kompetitor.  Produk BBK Pertamina seperti Pertamax Series dan DEX Series masih dijual di bawah harga kompetitor.

Namun kenaikan harga Pertamax Series dan DEX Series, Sabtu tengah malam lalu masih memberikan negatif margin konsilidasi. Pasalnya, harga Pertalite belum ikut naik.

“Kenaikan harga BBK ini mengacu pada kenaikan harga minyak dunia. Seharusnya harga Pertalite juga ikut naik.  Itu sebabnya, saya melihat kenaikan harga saat ini masih memberikan negatif margin konsolidasi, karena harga Pertalite tidak ikut naik,” kata Direktur Puskepi Sofyano Zakaria menjawab BeritaTrans.com di Jakarta (28/2/2018).

Oleh karenanya,  Pemerintah harus terus mendukung agarPertamina tetap survive dan tumbuh sesuai tuntutan jaman.

Dari data Puskepi, harga jual BBK Pertamina masih lebih rendah  dibandingkan kompetitor seperti Shell, Petronas dan pendatang baru Vivo. Mereka menjual  BBK atau  BBM non subsidi  lebih mahal dibandingkan BBK yang dijual Pertamina.

Ini sudah tepat karena memang fungsi BUMN sebagai penyangga harga jual untuk melindungi konsumen domestik dari harga free market capitalism yang selalu memanfaatkan momentum untuk keuntungan sebanyak-banyaknya,” kilah Sofayano lagi.

Dia menambahkan, inilah bedanya kalau Pertamina kuat, karena fungsi kedaulatan energi yang akan dinomor satukan disamping katahanan energi.

Pada dasarya, sebut Puskepi, kenaikan harga yang terjadi pasti akan sangat tergantung dengan harga minyak dunia, kemampuan produksi migas nasional dan kondisi sosial ekonomi domestik.(helmi)

loading...