Angkasa Pura 2

Ditjen Hubdat Gelar Bimtek Angkutan Sungai dan Danau di Sukabumi

Koridor SDMKamis, 1 Maret 2018
IMG-20180301-WA0011

PANGANDARAN (BeritaTrans.com) – Direktorat Lalu Lintas Transportasi Darat Ditjen Perhubungan Darat menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Operator Kapal Sungai dan Danau di Pangandaran, Jawa Barat, Kamis (1/3/2018).

Acara Bimtek ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada operator kapal sungai dan danau tentang pentingnya mewujudkan kelaikan sarana angkutan sungai dan danau beserta perlengkapan keselamatannya.

“Ke depan diharapkan dapat diwujudkan penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan sungai dan danau yang aman dan selamat,” kata Direktur Lalu Lintas  Angkutan Darat Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat) Pandu Yulianto di Sukabumi, Kamis (1/3/2018).

Sementara, dari panitia penyelenggara melaporkan peserta Bimtek terdiri atas para operator kapal yang ada di wilayah    Kab. Pangandaran dengan jumlah peserta tercatat sebanyak 100 orang. 

Dalam Bimbingan Teknis ini akan diberikan materi dari jajaran Direktorat Lalu Lintas Perhubungan Darat, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat dan PT. Jasa Raharja  Cabang Jawa Barat.

Bimbingan Teknis seperti ini telah dilaksanakan sejak Tahun 2006 sampai dengan Tahun 2017 di 52 Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia dan pada Tahun Anggaran 2018 akan dilaksanakan di 5 lokasi Kabupaten/Kota.

Selanjutnya, menurut Pandu, Bimtejmk juga dimaksudkan untuk memacu dan memicu kepedulian akan keselamatan angkutan sungai dan danau, kata Pandu, pada acara bimbingan teknis ini akan diberikan bantuan alat-alat keselamatan.

“Mereka itu  berupa 100 buah baju pelampung atau Life Jacket kepada para operator kapal dan 100 buah Life Buoy sebagai kelanjutan program kerjasama Ditjen Perhubungan Darat dengan PT. Jasa Raharja (Persero),” papar Pandu.

Untuk itu, tambah Pandu, pihaknya mengucapkan banyak terimakasih kepada jajaran PT. Jasa Raharja (Persero), semoga ke depan kita makin bisa meningkatkan kerjasama ini di seluruh wilayah Indonesia.(helmi)