Angkasa Pura 2

Ahmad Bambang Harapkan Pelni Munculkan Terobosan dan Inovasi Baru

IMG-20180302-WA0020

IMG-20180302-WA0003

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Ahmad Bambang mengharapkan manajemen  PT Pelni mampu memunculkan terobosan dan inovasi-inovasi untuk pengembangan usahanya.

“Saat ini pengiriman logistik masih banyak yang via darat. Perlu inovasi supaya Pelni tidak hanya dikenal sebagai angkutan penumpang namun  juga angkutan logistik laut,” ujar Ahmad Bambang dalam sambutannya pada acara kerja sama Pelni dengan  Damri, RNI dan PFN di KM Kelud saat sandar di Terminal Penumpang Tanjung Priok, Jumat (2/3/2018).

Pelni, saran Bambang hendaknya bisa meniru langkah PT Kereta Api Indonesia. Jika ingin maju harus kreatif dan inovatif sekaligus meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasanya.

“Jia ingin maju dan  untung, jangan hanya mengandalkan angkutan penumpang kelas ekonomi. Seperti KAl, Pelni harus berani masuk kelas bisnis dan eksekutif. Selain itu main di angkutan barang,” jelas Bambang.

Mencoba Masuk Pariwisata

Selain itu, lanjut dia, Pelni perlu mencoba dan masuk angkutan pariwisata bahari. Indonesia mempunyai kekayaan alam bahari yang Indah. “Mereka bisa dijual ke wisatawan asal dikemas  dengan baik dan menarik,” papar Bambang dihadapan Direksi dan Komus Pelni Bambang Prihartono itu.

Bukan hanya  itu, menurut Bambang, dia setuju dengan gagasan Dirut Pelni Insan Perwisya L.Tobing untuk mengevaluasi beberapa  rute yang tidak ekonomis dan bersaingan langsung dengan  moda laon seperti pesawat udara dan KA.

“Pelni tak akan bisa bersaing dengan pesawat dan KA. Tapi  bukan berarti tak ada solusi bagi Pelni. Indonesia sebagai negara maritim besar bisa dieksplorasi dan digarap oleh Pelni,” terang Bambang lagi.

Namun begitu, menurut Bambang, Pelni jangan menggunakan kapal besar tipe 2.000 seperti KM Kelud. “Pilih kapal ukuran 500-1.000 dan dikemas dengan baik. Dengan begitu, orang yang mau sewa atau carter juga terjangkau,” urai Bambang.

Selanjutnya, saran Bambang, Manager Marketing  Pelni harus makin rajin dan menawarkan produknya ke kementerian dan lembaga. “Jangan pernah menyerah jalan masih ada jika digarap secara baik dan profesional,” tegas Bambang.(helmi)