Angkasa Pura 2

Inilah Perizinan Yang Bisa Dilayani Secara Online di Kemhub

Koridor Telekomunikasi & PosMinggu, 4 Maret 2018
WhatsApp Image 2018-03-04 at 08.48.29 (1)

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menhub Budi karya Sumadi mengatakan aplikasi online tidak saja memberikan kemudahan bagi operator angkutan tetapi juga memberikan pertumbuhan ekonomi. Dampak multiplier effeck-nya yang perlu ditingkatkan sehingga memberi nilai tambah bagi bangsa dan negara.

“Peningkatan pelayanan ini salah satu upaya pemerintah melalui Kementerian Pehlrhubungan (Kemhub) untuk meningkatkan iklim investasi di Indonesia menjadi lebih baik. Sendi-sendi bisnis akan berkembang dengan baik sehingga pertumbuhan ekonomi kita jadi lebih baik,” ujar Menhub di Jakarta, Minggu (4/3/2018).

Kemhub melalui Ditjen Hubdat melincurkan layanan aplikasi Sistem Perizinan online dan Multimoda (SPIONAM). Sistem ini menawarkan layanan prizinan yang cepat, mudah, aman dan nyaman.

Adapun sistem pelayanan aplikasi SPIONAM yang meliputi perijinan :

a. Ijin Standar Pelayanan Minimal Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan;

b. Ijin Pengoperasian Kapal Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan;

c. Ijin Penyelenggaraan Angkutan Orang Dalam Trayek, meliputi pelayanan :

1) Ijin Penyelenggaraan Angkutan AKAP;

2) Ijin Penyelenggaraan Angkutan ALBN.

d. Ijin Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek, meliputi pelayanan :

1) Ijin Penyelenggaraan Angkutan Orang untuk keperluan Pariwisata, Angkutan Charter dan Angkutan Sewa Umum; dan

2) Ijin Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan menggunakan Taksi, Angkutan Antar Jemput, Angkutan Permukiman; Angkutan Karyawan, Angkutan Sewa Khusus yang wilayahnya melebihi 1 (satu) Provinsi, selain wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bogor (Jabodetabek);

e. Izin Penyelenggaraan Angkutan Barang Khusus, meliputi pelayanan :

1) Ijin penyelenggaraan Angkutan Barang Berbahaya dan Beracun;

2) Ijin Penyelenggaraan Angkutan Alat Berat.

WhatsApp Image 2018-03-04 at 08.48.32

E-Tilang Memudahkan Masyarakat

Pada kesempatan tersebut, Kemenhub juga meluncurkan Aplikasi E-Tilang yaitu aplikasi berbasis sistem Android yang akan mempermudah masyarakat dalam mengurus pelanggaran tilang.

Melalui aplikasi e-tilang, masyarakar tanpa perlu pergi ke pengadilan untuk mengikuti sidang dengan melakukan pembayaran di bank atau m-banking.

“Dengan sistem digital melalui E-tilang ini memberikan kemudahan, memberi kondisi yang good governance. Dengan kondisi ini kita akan mendapatkan level of service yang bagus,” tandas Menhub.(helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari