Angkasa Pura 2

Menhub: Terminal Pulogebang Tolok Ukur Keberhasilan Penerapan e-Ticketing

KoridorMinggu, 4 Maret 2018
IMG-20180304-WA0012

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan  Terminal Pulogebang Jakarta Timur adalah tolok ukur keberhasilan penerapan e-ticketing di terminal di Tanah Air. Pasalnya, terminal ini adalah yang paling besar dan berada di Ibukota Negara, Jakarta.

“Kalau yang paling besar sudah jalan, terminal yang kecil lebih gampang. Jika itu lancar, otomatis orang akan ke sana semuanya dan sistem ini akan bergulir cepat,” jelas Menhub Budi Karya saat meninjau penerapan aplikasi e-ticketing di Terminal Pulogebang, Jakarta, Minggu (4/3/2018).

Seperti diketahui, Menhub Budi Karya Sumadi  mengunjungi dan mencoba sistem e-ticketing di Terminal Pulogebang. Setelah mencoba langsung layanan e-ticketing, Menhub meminta sistem e-ticketing lebih ditingkatkan baik dari segi waktu maupun pelayanannya.

“Seperti yang saya coba, tiketnya masih lama keluarnya. Idealnya kurang dari 1 menit harusnya tiketnya sudah keluar. Kedepan harus lebih cepat, dan ada petugas yang mendampingi di situ. Saya serahkan sepenuhnya kepada Organda, ini Organda yang mengerjakan,” tandas Menhub.

Tantangan dan Masalah Pedagang

Menhub mengingatkan akan ada tantangan dalam mengaplikasikan e-ticketing ini. Seperti ada pihak-pihak yang terusik dengan diberlakukannya e-ticketing. Namun menurutnya pihak-pihak ini justru harus dirangkul.

“Tentang e-ticketing ini memang ada yang punya zona nyaman di situ yang selama ini jadi agen dan sebagainya. Ini memang mesti ada suatu koordinasi tertentu. Sehingga agen ini diberikan peran yang lain,” tutur Menhub.

Selain masalah e-ticketing yang harus ditingkatkan, yang menjadi catatan Menhub terkait Terminal Pulogebang adalah mengenai pedagang.

“Saya lihat di sini untuk pedagang-pedagang yang berdagang di sini belum ada suatu kepastian. Nanti akan kami bicarakan dengan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta,” pungkas Menhub.

Turut hadir mendampingi Menhub dalam kunjungan ini Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Direktur Angkutan dan Multimoda Ditjen Perhubungan Darat Cucu Mulyana, Direktur Pembinaan Keselamatan Ditjen Perhubungan Darat Ahmad Yani dan Ketua DPP Organda Andrianto Djokosoetono.(helmi)