Angkasa Pura 2

Bila Akses Jalan Selesai, Kata Irjen, Peran Pelabuhan Batanjung Dapat Dioptimalkan

DermagaRabu, 7 Maret 2018
IMG-20180307-WA0049

IMG-20180307-WA0048

KAPUAS (BeritaTrans.com) – Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan Wahju Satrio Utomo didampingi Inspektur III M. Haekal Dahlan serta pejabat Eselon II Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melakukan kunjungan kerja meninjau lokasi Pelabuhan Batanjung di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Tiba di lokasi, Irjen beserta rombongan disambut Pjs. Bupati Kapuas Ermal Subhan serta Kepala KSOP Pulang Pisau Didi Supriadi.

“Kabupaten Kapuas, telah menganggarkan dana Rp550 miliar untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur jalan dari Basarang menuju Pelabuhan Batanjung sepanjang 52 kilometer dengan sistem tahun jamak mulai tahun Anggaran 2017,” ujar Irjen di Kapuas, Rabu (7/3/2018).

Saat ini akses menuju pelabuhan belum ada jalan maupun jembatan yang bisa dilalui. Dibutuhkan dana yang besar untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur jalan dari Basarang menuju Pelabuhan Batanjung.

“Bila akses jalan diperbaiki maka pelabuhan Batanjung kata dia, dapat dioptimalkan untuk penumpang maupun pengangkutan logistik,” kata Irjen.

Dampaknya, peran di Pelabuhan Batambung dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut dan ini tentu saja positif.

IMG-20180307-WA0045

“Sementara Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan pada 2017 telah menganggarkan Rp14 miliar untuk mendukung beroperasinya Pelabuhan Batanjung,” katanya.

Pelabuhan ini dibangun di atas tanah seluas sembilan hektar yang saat ini masih milik Pemkab Kapuas. Anggaran sebesar itu, untuk membangun sarana dan prasarana penunjang Pelabuhan Batanjung.

Diantaranya pekerjaan persiapan, Paving blok area lapangan penumpukan, Rigid Pavement area jalan akses pelabuhan, gedung kantor, terminal penumpang, rumah genset dan pos jaga, sehingga semuanya menjadi lengkap.

“Dengan kerja sama yang baik yaitu perbaikan akses jalan menuju pelabuhan serta pembangunan sarana dan prasarana penunjang Pelabuhan Batanjung dapat segera membawa dampak positif perkembangan ekonomi di wilayah ini dan sekitarnya,” imbuh Irjen.

Pelabuhan Batanjung diharapkan menjadi pintu gerbang pelabuhan Kalimantan Tengah yang dapat mengekspor hasil bumi. Bahkan apabila memungkinka, industri jugadapat dipusatkan di sana.

IMG-20180307-WA0044

Dalam kesempatan Kunja, Irjen juga mengunjungi Pelabuhan Pulang Pisau serta Jembatan Timbang BPTD Wilayah XVI Kalteng. (omy)