Angkasa Pura 2

Hubdat Gelar Diklat Pembekalan Pada Penyusun Andalalin

Koridor SDMKamis, 8 Maret 2018
IMG-20180308-WA0010

IMG-20180308-WA0009

SOLO (BeritaTrans.com) – Penyusun Dokumen Analisis Dapak Lalu Lintas (Andalalin) harus profesional dan optimal dalam menjalankan tugasnya. Demikian disampaikan Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat Pandu Yunianto di Solo Rabu (7/3/2018).

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan memberikan pembekalan mengenai pelaksanaan dan penyusunan dokumen Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) serta memberikan Uji Kompetensi kepada peserta yang sudah melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Sertifikasi Penyusunan Analisis Dampak Lalu Lintas yang di adakan di Solo dari 7-9 Maret 2018.

Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat Pandu Yunianto menyampaikan bahwa ada beberapa tujuan dilakukan Sertifikasi Penyusun Dokumen Andalalin.

Diantaranya adalah agar mengetahui peraturan perundangan yang terkait dengan Andalalin, mengetahui maksud dan tujuan, tata cara, prosedur, kriteria dalam penyusunan Andalalin.

“Selanjutnya adalah mengetahui dan mampu menyusun dokumen Andalalin,” ungkap Pandu di Solo, Rabu.

Adapun perencanaan dan metodologi Andalalin diantaranya Analisis Kondisi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,
Analisis Bangkitan/Tarikan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Analisis Distribusi Perjalanan, Analisis Pemilihan Moda,
Analisis Pembebanan Perjalanan,
Simulasi Kinerja Lalu Lintas,
Rekomendasi dan Rencana Implementasi Penanganan Dampak.

Selain itu juga Rincian Tanggung Jawab Pemerintah dan Pembangun,  Rencana Pemantauan dan Evaluasi,  Gambaran Umum Lokasi yang akan dibangun atau dikembangkan.

“Tujuan sertifikasi juga untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia (SDM) dan mengetahui serta memahami bentuk-bentuk rekomendasi penanganan dampak lalu lintas sebagai hasil kajian Andalalin,” papar Pandu.(helmi)